KONSEP KEADILAN GENDER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MANSOUR FAKIH)

SITI MUTMAINAH, NIM. 11410114 (2015) KONSEP KEADILAN GENDER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MANSOUR FAKIH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KEADILAN GENDER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MANSOUR FAKIH))
11410114_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KEADILAN GENDER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MANSOUR FAKIH))
11410114_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SITI MUTMAINAH. Konsep Keadilan Gender Dalam Pendidikan Agama Islam (Rekonstruksi Pemikiran Mansour Fakih). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan konsep keadilan gender (rekonstruksi pemikiran Mansour Fakih) dan implikasinya konsep tersebut terhadap pendidikan agama Islam. Konsep gender yakni suatu sifat yang melekat pada kaum laki-laki maupun perempuan yang dikonstruksi secara sosial maupun kultural. Ketidakadilan gender termanisfestasikan dalam pelbagai bentuk ketidakadilan, yakni: yang pertama gender dan marginalisasi perempuan, kedua gender dan subordinasi, ketiga gender dan streotipe (pelabelan), keempat gender dan kekerasan, kelima gender dan beban kerja. Perilaku kekerasan semakin hari semakin nampak dan sungguh mengganggu kehidupan. Hal ini banyak terjadi pada perempuan yang mengalami dehumanisasi ketidakadilan gender baik itu dalam peran domestik maupun dalam bidang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian literer yaitu mengendepankan dan membangun konsep atau merumuskan sebuah gagasan suatu tokoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis karena penelitian literer dengan corak analisis tekstual yang berorientasi pada upaya membangun konsep atau memformulasikan suatu ide pemikiran untuk mendapatkan sebuah kesimpulam. Pengumpulan data ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yaitu pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai macam buku, jurnal, majalah, maupun surat kabar yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep keadilan gender dari rekonstruksi pemikiran Mansour Fakih mempunyai konsep sebagai berikut: a) gender dalam bahasa Inggris yaitu jenis kelamin, dikontruksi oleh budaya masyarakat, b) keadilan gender, pemenuhan hak-hak dan kewajiban seseorang secara adil, c) kesetaraan gender, tidak membeda-bedakan hak-hak laki-laki maupun perempuan, d) hak asasi manusia, kekuasaan dan keamanan yang dimiliki oleh setiap individu. Konsep keadilan gender dari formulasi Mansour mempunyai implikasi terhadap pendidikan agama Islam, baik itu dari segi tujuan, kurikulum, metode, dan evaluasi pendidikan agama Islam. Dengan melihat tujuan utamanya adalah untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender maka kurikulum yang didesain harus benar-benar menyamakan hakhak perempuan dan laki-laki. Dengan beberapa metode pendidikan Islam yang secara garis besarnya terdapat di dalam al-Qur'an dan Hadist, mengandung muatan keadilan bagi perempuan. Maka hasil evaluasi akan berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan cita-cita semangat ajaran Islam yaitu untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Gender, Keadilan Gender, Pendidikan Agama Islam, Mansour Fakih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:30
Last Modified: 28 Jul 2015 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum