KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs NEGERI BANTUL KOTA

KHUZAIFAH, NIM. 11410075 (2015) KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs NEGERI BANTUL KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs NEGERI BANTUL KOTA)
11410075_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs NEGERI BANTUL KOTA)
11410075_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

KHUZAIFAH. Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Melalui Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Fikih Kelas VII di MTs Negeri Bantul Kota. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini Guru sebagai tenaga pendidik profesional tidak cukup hanya menguasai ilmu yang diajarkannya, melainkan juga dituntut memahami kondisi peserta didik yang dihadapinya. Karena itulah diperlukan guru yang inspiratif dan kreatif, yang mampu mendidik, memberi teladan yang baik, dan bisa memahami kondisi kejiwaan peserta didik. Guru inspiratif dan kreatif merupakan kunci sukses dalam implementasi Kurikulum 2013, yang selalu mengedepankan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 dan menganalisis kreativitas guru dalam pembelajaran Fikih dengan model Discovery Learning di MTs Negeri Bantul Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Fikih, Kepala Madrasah, siswa kelas VII, dan Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum di MTs Negeri Bantul Kota . Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan Kurikulum 2013 di MTs Negeri Bantul Kota sejak bulan Juli 2014. Adapun yang dilakukan dalam pengembangan silabus yaitu melakukan kegiatan penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam indikator. Kemudian penyusunan RPP dengan memadukan model Discovery Learning yaitu cara belajar aktif, strategi pembelajaran yang bervariasi, dan penilaian yang mencakup tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) Dalam pembelajaran Fikih guru sudah menerapkan pembelajaran saintifik dengan memadukan melalui model pembelajaran Discovery Learning. Adapun langkah-langkahnya yaitu dimulai dengan pemberian rangsangan atau pertanyaan melalui pengamatan, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, kemudian langkah terakhir yaitu pemeriksaan atau verifikasi dari hasil kerjanya. Adapun dalam model pembelajaran Discovery Learning guru juga mengembangkan kreativitasnya melalui karya atau produk, bahasa, dan eksplorasi. 3) Model pembelajaran Discovery Learning bertujuan untuk mengubah kondisi belajar dengan model ekspository siswa hanya menerima informasi dari guru ke model discovery siswa menemukan informasi sendiri. Pembelajaran Fikih dengan model Discovery Learning dapat membuat guru lebih kreatif dan peserta didik aktif menjadikan pembelajaran yang kreatif, bermutu, berkualitas, dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Munawwar Khalil, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kreativitas Guru, Pembelajaran Fikih, Model Discovery Learning
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:52
Last Modified: 28 Jul 2015 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16426

Actions (login required)

View Item View Item