MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA

MASITA ARUM, NIM. 11410066 (2015) MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA)
11410066_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA)
11410066_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MASITA ARUM. Mengembangkan Karakter Religius Anak Melalui Pembelajaran Tematik Integratif kelas 4A di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang: sejauh ini, masih banyak guru kelas yang lebih menekankan pada pengembangan ranah kognitif, akan tetapi sering kali mengabaikannya ranah afeksi dan psikomotorik peserta didik. Padahal jika dilihat dari tahap perkembangan anak, periode usia sekolah dasar merupakan masa pembentukan nilai-nilai sebagai kelanjutan periode sebelumnya. Kualitas keagamaan anak pun akan sangat dipengaruhi oleh proses pembentukan atau pendidikan yang diterimanya. Oleh karena itu, selain mengembangkan ilmu pengetahuan peserta didiknya, guru kelas juga harus mampu mengembangkan karakter khususnya karakter religius peserta didik dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai religius di dalam pembelajaran. Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah: nilai-nilai religius apa saja yang diterapkan di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta, bagaimana cara guru dalam mengembangkan karakter religius anak melalui pembelajaran tematik integratif kelas 4A, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi, triangulasi dan analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dalam bentuk bagan, tabel serta teks yang bersifat naratif dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai religius yang diterapkan kepada peserta didik di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta yaitu mencakup dua dimensi yaitu nilai Ilahiyah dan nilai Insaniyah. Dalam nilai Ilahiyah, nilai yang sudah diterapkan di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta yaitu: nilai iman, nilai islam, nilai taqwa, nilai ikhlas, nilai ihsan dan nalai tawakkal. Sedangkan nilai Insaniyah yaitu nilai silaturahmi, nilai al ukhwah, nilai al musawah, nilai al adalah, nilai tawadlu’, dan nilai al munfiqun. (2) Cara guru dalam mengembangkan pendidikan karakter religius melalui pembelajaran tematik integratif kelas 4A SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta adalah dengan pengintegrasian nilai-nilai religius melalui penyusunan RPP, strategi pembiasaan, nasihat dan bimbingan yang diberikan guru melalui perannya dalam pembelajaran sebagai fasilitator, motivator, konselor dan evaluator pada tahaptahap berlangsungnya proses pembelajaran tematik integratif. (3) Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah, fasilitas dan sumber belajar yang memadai serta adanya hubungan baik antara wali kelas dan orangtua peserta didik. Sedangkan faktor yang menghambat diantaranya yaitu keterbatasan kemampuan guru, peserta didik dan penilaian yang terlalu banyak dan rumit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Karakter Religius, Pembelajaran, Tematik Integratif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:56
Last Modified: 28 Jul 2015 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum