PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL MATA PELAJARAN FIQH KELAS X MIA DI MAN KLATEN

NUR ROCHMAN, NIM. 11410056 (2015) PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL MATA PELAJARAN FIQH KELAS X MIA DI MAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL MATA PELAJARAN FIQH KELAS X MIA DI MAN KLATEN)
11410056_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL MATA PELAJARAN FIQH KELAS X MIA DI MAN KLATEN)
11410056_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUR ROCHMAN. Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengembangan Life Skill Mata Pelajaran Fiqh Kelas X MIA di MAN Klaten.Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah manusia hidup di dunia ini memerlukan pendidikan, karena dengan pendidikan, peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang berangkat dari pemahaman atau realitas kehidupan yang diperlukan dalam masyarakat, bangsa, dan negara agar tercapainya suatu tujuan pendidikan yang diinginkan. Akan tetapi pendidikan sekarang masih banyak yang menggunakan cara konvensional sehingga peserta didik kurang memahami materi yang diterimanya, maka dari itu diterapkannya Pembelajaran Berbasis Proyek untuk mengembangkan life skill mata pelajaran fiqh di MAN Klaten. Yang menjadi permasalahan disini adalah bagaimana penerapan berbasis proyek tersebut, dan bagaimana persepsi siswa dalam mengembangkan life skill pada pembelajaran fiqh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran berbasis proyek dan persepsi siswa tentang pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan life skill mata pelajaran fiqh di MAN Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif diskriptif, dengan mengambil latar MAN Klaten. Populasi penelitian ini 174 siswa, pengambilan sampel ditentukan dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampelnya sebanyak 115 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil dari penelitian menunjukan: (1) penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat berjalan dengan lancar karena sudah adanya tambahan jam pelajaran menjadi dua jam pelajaran setiap minggunya selain itu dilaksanakan dengan cara pemberian pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor kemajuan proyek, menguji hasil, dan mengevaluasi proyek. Sehingga pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan dengan maksimal. (2) penerapan pembelajaran berbasis proyek ini mendapat tanggapan siswa yang baik, dalam mengembangkan aspek life skill pada pembelajaran fiqh, yang dibuktikan dengan responden sebanyak 28,07% responden menyatakan sangat mendukung, sebanyak 39,8% mendukung, sebanyak 29,6% beranggapan biasa saja, sebanyak 4,15% tidak mendukung, dan sisanya sebanyak 1,3% menyatakan sangat tidak mendukung pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aspek life skill.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:59
Last Modified: 28 Jul 2015 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum