EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

AHMAD MA’ARIF, NIM.11410052 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
11410052_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
11410052_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD MA’ARIF. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyak institusi pendidikan yang menyadari perlunya pendekatan dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered) karena model teacher centered membuat siswa kurang aktif. Kenyataan pada umumnya, hingga saat ini proses belajar mengajar mata pelajaran terfokus pada guru dan kurang terfokus pada siswa. Hal ini terbukti dengan terindikasi sistem pembelajaran yang masih kaku, tidak membawa siswa kepada kehidupan nyata baik dalam pemahaman konsep maupun pengalaman, sementara guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajan yang memungkinkan dikembangkannya ketrampilan berpikir siswa (penalaran, komunikasi, dan koneksi) adalah problem based learning (PBL). SMA Negeri 1 Piyungan adalah salah satu sekolah yang memiliki perhatian terhadap peningkatan mutu pembelajaran, dan telah melaksanakan model PBL ini. Namun, yang menjadi permasalahan bagaimana keefektifan dan proses pelaksanaan pembelajaran model problem based learning (PBL) pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait keefektifan dan proses Pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan diverifikasi kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran PBL yang diterapkan di SMA Negeri 1 Piyungan khususnya kelas XI IPA-3 dan XI IPS-1 sudah diterapkan dengan baik, sesuai dengan prosedur perencanaan yang tersusun secara sistematis dan tidak ada halangan yang berarti. Selain itu, pembelajaran yang dilakukan telah dipermudah dengan adanya fasilitas LCD proyektor, laptop bagi yang memiliki atau handphone yang bisa digunakan browsing serta bukubuku referensi dari perpustakaan sebagai media untuk menyelesaikan permasalahan pada materi pembelajaran. (2) Pembelajaran PBL mata pelajaran PAI di kelas XI IPA-3 dan XI IPS-1 sudah berjalan efektif, baik dari proses maupun hasil pembelajarannya. Nilai rata-rata hasil tes formatif telah memenuhi standarisasi KKM mata pelajaran PAI. Dalam keefektifan prosesnya, yaitu siswa kelas XI IPA-3 lebih kompetitif dan aktif dalam proses pembelajarannya namun hasil laporannya kurang sempurna. Jika kelas XI IPS-1 hasil laporannya lebih lengkap, akan tetapi pelaksanaan pembelajarannya pasif dan kegiatan diskusi kelompoknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:01
Last Modified: 28 Jul 2015 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum