PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI MELALUI PENDEKATAN HABITUASI PADA SANTRI HAFIZ DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL

ADHIKA ALVIANTO, NIM. 11410041 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI MELALUI PENDEKATAN HABITUASI PADA SANTRI HAFIZ DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI MELALUI PENDEKATAN HABITUASI PADA SANTRI HAFIZ DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL)
11410041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI MELALUI PENDEKATAN HABITUASI PADA SANTRI HAFIZ DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL)
11410041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (768kB)

Abstract

ADHIKA ALVIANTO. Pembentukan Karakter Disiplin dan Mandiri Melalui Pendekatan Habituasi Pada Santri Hafiz di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah di pesantren banyak menyuguhkan berbagai macam cara atau kegiatan pembiasaan dalam upaya membentuk karakter disiplin dan mandiri santri. Salah satunya dengan memberlakukannya sebuah aturan. Namun, kenyataannya masih terdapat santri yang melanggar aturan. Sistem asrama pada kehidupan pesantren dan karakteristik kehidupan didalamnya mendorong santri agar mampu memenuhi serta menjalani tugas kehidupan sehari-hari dengan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model habituasi yang diterapkan di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem, mengetahui keberhasilan penerapan model habituasi, dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat penerapan model habituasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Analisis data dilakukan melalui tiga kegiatan yakni mereduksi data, mengolah data, dan verifikasi kesimpulan. Kemudian untuk pemeriksaan/pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model habituasi yang diterapkan di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem adalah sorogan, wetonan, shalat berjama’ah, menaati aturan, setoran hafalan, piket menjaga kebersihan, hukuman (takziran), membiasakan membuang sampah pada tempatnya, dan membiasakan mengucapkan salam. (2) keberhasilan dalam penerapan model habituasi ini adalah berkurangnya pelanggaran yang dilakukan oleh santri, penggunaan waktu luang dengan baik, ketertiban santri hafiz dalam menyetorkan hafalan, dan tidak hanya terpaku pada kiai/ustadz. (3) faktor pendukung penerapan model habituasi adalah kesabaran dan keuletan kiai dalam membimbing para santri, kesediaan pengurus harian membimbing para santri dalam membuat hafalan, semangat yang luar biasa untuk mengamalkan ajaran Rasulullah saw., kebijaksanaan dan ketegasan pengurus harian, tekad para santri untuk bisa menghafal Al-Qur’an, dan keteladanan yang diberikan oleh pengurus harian. Sedangkan faktor penghambat penerapan model habituasi adalah membutuhkan waktu lama melihat jumlah santri yang besar, adanya rasa enggan untuk mencari bahan belajar, aktivitas santri yang ketat, dan motivasi belajar santri yang terkadang menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Jul 2015 02:04
Last Modified: 28 Jul 2015 02:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16433

Actions (login required)

View Item View Item