PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH SALAFIYAH (STUDI KASUS SISWA KELAS X DI MAS SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN)

PRATIYAS HIDA ILYANA, NIM. 11410038 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH SALAFIYAH (STUDI KASUS SISWA KELAS X DI MAS SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH SALAFIYAH (STUDI KASUS SISWA KELAS X DI MAS SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN))
11410038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH SALAFIYAH (STUDI KASUS SISWA KELAS X DI MAS SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN))
11410038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PRATIYAS HIDA ILYANA. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Salafiyah (Studi Kasus Siswa Kelas X di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam pembelajaran Fiqih. Dalam rangka menciptakan pendidikan yang bermutu, pemerintah telah menetapkan kurikulum tahun 2013 untuk diterapkan pada sekolah/ madrasah. Bersama dengan penerapan kurikulum 2013, pemerintah mewajibkan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah atau disebut pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih, untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih, dan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih kelas X di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa bagaimana proses pembelajaran pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih kelas X di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih di MA Salafiyah Buaran Pekalongan telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat bahwa guru melaksanakan proses pembelajaran melalui langkah-langkah pembelajaran pendekatan saintifik dengan mengamati melalui observasi, menanya melalui mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi melalui melakukan percobaan, mengasosiasi melalui menalar, dan mengkomunikasikan melalui membentuk jaringan, dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran meskipun belum dilaksanakan secara maksimal. 2) Hasil Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih di MA Salafiyah Buaran Pekalongan, dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, antusias dalam proses kegiatan pembelajaran Fiqih, rasa ingin tahunya tinggi, memahami materi pembelajaran, dan dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi. 3) Kelebihan Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih di MA Salafiyah Buaran Pekalongan adalah metode dan strategi pembelajaran, proses kegiatan pembelajaran lebih aktif karena berpusat pada peserta didik, dalam hal sumber belajar peserta didik dapat memperoleh materi tambahan yang berasal dari internet. Kelemahan Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih di MA Salafiyah Buaran Pekalongan adalah keterlambatan dalam pendistribusian buku pegangan pendidik dan tidak semua peserta didik dapat mengakses internet karena sebagian besar peserta didik berasal dari pesantren sehingga tidak mempunyai laptop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:06
Last Modified: 28 Jul 2015 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum