PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN NILAI KEISLAMAN SISWA DI KELAS X 3 SMA N 3 BANTUL

USWATUN HASANAH, NIM. 11410037 (2015) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN NILAI KEISLAMAN SISWA DI KELAS X 3 SMA N 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN NILAI KEISLAMAN SISWA DI KELAS X 3 SMA N 3 BANTUL)
11410037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN NILAI KEISLAMAN SISWA DI KELAS X 3 SMA N 3 BANTUL)
11410037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)

Abstract

USWATUN HASANAH. Penggunaan Media Video Sebagai Sumber Belajar PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Nilai Keislaman Siswa di Kelas X 3 SMA Negeri 3 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah semakin berkembangnya pengetahuan dan teknologi di masyarakat yang sangat pesat. Perkembangan ini sangat berpengaruh dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Kebiasaan guru dalam mengajar dengan menggunakan media itu-itu saja, dan menggunakan hanya bersumber dari buku juga menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti akan lebih mudah tercapai ketika guru menambahkan variasi dalam penggunaan media yang juga dapat menjadi sumber belajar siswa seperti video. Media audio visual berupa video ini dapat digunakan sebagai pendukung tercapainya tujuan pendidikan dan juga sebagai pemerkaya sumber belajar siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X 3 SMA Negeri 3 Bantul. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X 3 SMA Negeri 3 Bantul, dan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran dengan media audio visual berupa video serta prestasi belajar siswa bidang PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar proses belajar mengajar di kelas X 3 dan di lingkungan sekolah SMA Negeri 3 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi serta menggunakan angket dengan analisis sederhana. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan media video X 3 SMA Negeri 3 terlaksana sesuai prosedur. Guru melaksanakan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai dengan rpp yang telah dibuat. (2) Nilai keislaman yang terdapat dalam pembelajaran dengan media video meliputi nilai tauhid, sosial, akhlak dan ibadah. Masing-masing ditanamkan di kelas X 3. (3) Hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran dengan media video baik dan media video efektif digunakan seba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad M. Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:48
Last Modified: 28 Jul 2015 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum