PENDIDIKAN POLITIK DALAM BUKU SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH KELAS X KURIKULUM 2013

EKA PRASETYA, NIM. 11410036 (2015) PENDIDIKAN POLITIK DALAM BUKU SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH KELAS X KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN POLITIK DALAM BUKU SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH KELAS X KURIKULUM 2013)
11410036_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN POLITIK DALAM BUKU SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH KELAS X KURIKULUM 2013)
11410036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

EKA PRASETYA. Pendidikan Politik dalam Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X Kurikulum 2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pendidikan politik merupakan suatu hal yang sangat penting bagi suatu bangsa. Pendidikan politik merupakan jalan untuk meningkatkan kesadaran rakyat tentang hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Pendidikan politik untuk generasi muda muslim sebenarnya paling penting ditujukan untuk menanamkan semangat nasionalisme kepada Negara dan bangsa. Dengan adanya semangat jiwa nasionalisme, maka generasi muda muslim mampu membentengi diri dari paham-paham yang mengancam keutuhan bangsa, terutama paham-paham yang berdasarkan kepada paham agama. Namun dalam pelaksanaannya, masyarakat dan khususnya generasi muda muslim minim mendapatkan pendidikan politik. Salah satu media untuk pembelajaran pendidikan politik bagi generasi muslim, yaitu dengan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Akan tetapi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sendiri biasanya dianggap sebagai mata pelajaran yang hanya menghafaltahun, nama, dan peristiwa. Padahal mempelajari sejarah seharusnya mampu mengambil ibrah yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang pendidikan politik yang dapat diambil dari materi Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data yang relevan pada buku, artikel dan berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pendidikan politik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis, yaitu penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara mengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks. Hasil penelitian terhadap Buku SiswaSejarah Kebudayaan Islam Madrasah AliyahKelas X Kurikulum 2013 adalah: (1) Posisi Sejarah Kebudayaan Islam dalam Kurikulum Madrasah Aliyah, yaitu mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diposisikan sebagai salah satu Kelompok Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab; Karakteristik dari mata pelajran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) ini menekankan pada kemampuan mengambil ibrah/ hikmah (pelajaran); Buku SKI tersebut tersebut masih memiliki beberapa kekurangan seperti ketidakkonsistenan dan kerancuan dalam penerapan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta tidak adanya kontekstualisasi dari ibrah yang didapatkan. (2) Terdapat pendidikan politik dalam Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X, yaitu mengandung Rasa Kesadaran Berideologi dan Bernegara Bangsa; Rasa toleransi beragama; Motivasi berprestasi; Kepercayaan pada kesamaan hak, keadilan sosial pada penghormatan atas harkat dan martabat manusia; Rasa kemampuan politik dan kemampuan pribadi untuk mewujudkan kebutuhan dan menyatakan keingginannya dalam politik; Disiplin sosial dan nasional; Kepercayaan kepada pemerintahan; dan Kepercayaan kepada pembangunan yang berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Jul 2015 02:49
Last Modified: 28 Jul 2015 02:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16436

Actions (login required)

View Item View Item