METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI PENDEKATAN INDIVIDUAL BAGI ANAK DISLEKSIA, AUTIS DAN HIPERAKTIF DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN NGAGLIK SLEMAN

LAILATULLATIFAH, NIM. 11410024 (2015) METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI PENDEKATAN INDIVIDUAL BAGI ANAK DISLEKSIA, AUTIS DAN HIPERAKTIF DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI PENDEKATAN INDIVIDUAL BAGI ANAK DISLEKSIA, AUTIS DAN HIPERAKTIF DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN NGAGLIK SLEMAN)
11410024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI PENDEKATAN INDIVIDUAL BAGI ANAK DISLEKSIA, AUTIS DAN HIPERAKTIF DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN NGAGLIK SLEMAN)
11410024_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

LAILATULLATIFAH. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Pendekatan Individual bagi Anak Disleksia, Autis Dan Hiperaktif di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah menurut undang-undang hak anak untuk memperoleh pendidikan dijamin penuh tanpa adanya diskriminasi termasuk anak-anak yang mempunyai kelainan atau anak yang berkebutuhan khusus, Salah satu pendidikan yang harus ditanamkan dan bahkan bisa menjadi terapi khusus bagi anak berkebutuhan khusus seperti disleksia, autis dan hiperaktif adalah pendidikan agama Islam yang salah satunya adalah baca tulis Al-Qur’an yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan mereka serta dengan metode yang khusus berbeda dengan anak normal lainnya. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui metode apa yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Ngaglik Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan subyektif, terhadap fenomena yang ada pada seluruh populasi melalui sample yang penulis angkat sebagai subyek penelitian. Yang dimaksud subyek penelitian disini adalah sumber tempat untuk memperoleh keterangan penelitian. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan sample populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran BTAQ meliputi langkah-langkah pembelajaran, pendekatan pembelajaran, pemilihan metode, pemilihan pendekatan, pemilihan media pembelajaran dan evaluasi. Adapun langkah-langkah pembelajaran meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan individual. Pemilihan metode menggunakan metode Iqra’, imitation& drill, follow the line, bermain, dan bernyanyi. Pemilihan media menggunakan poster, komputer, DVD player, buku bergambar dan flash card. (2) untuk hasil pembelajaran BTAQ di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an mengalami perkembangan dapat dilihat dari siswa dapat membaca huruf hijaiyah, dua siswa dapat membaca Al-Qur’an, siswa dapat menebalkan huruf hijaiyah, siswa dapat melafalkan surat-surat pendek dan siswa dapat menghafalkan surat-surat pendek. (3) adapun faktor pendukung dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi siswa adalah sistem one-on-one, sarana dan prasarana, lingkungan masyarakat, dan tingkat kecerdasan serta faktor penghambat yakni saat siswa tantrum, emosi anak yang tidak stabil, kurangnya dukungan dari keluarga, kurangnya referensi serta kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:52
Last Modified: 28 Jul 2015 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum