PEMBELAJARAN KI-I DAN KI-2 DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

LILIS MAYASARI, NIM. 11410014 (2015) PEMBELAJARAN KI-I DAN KI-2 DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KI-I DAN KI-2 DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11410014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (35MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KI-I DAN KI-2 DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11410014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

LILIS MAYASARI. Pembelajaran KI-1 dan KI-2 Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2004. Latar belakang penelitian ini adalah dalam dunia pendidikan untuk menghadapi tantangan globalisasi, pengembangan kurikulum 2013 lebih diarahkan pada pendidikan karakter. Dalam proses pelaksanaan pembelajarannya, ada KI-1 dan KI-2 untuk dijadikan acuan pencapaian sikap spiritual dan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang bermasalah dan berperilaku kurang sesuai dengan ajaran yang diyakininya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran KI-1 dan KI-2 dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Yogyakarta, mendeskripsikan hasil pembelajaran KI-1 dan KI-2 dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Yogyakarta dan mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran KI-1 dan KI-2 dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini akan menggunakan teknik kecukupan bahan referensi. Ada 6 Subyek yang dijadikan sebagai sample penelitian dengan teknik purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan analisis RPP dan pelaksanaan di kelas, pembelajaran KI-1 dan KI-2 dapat diketahui, bahwa dari beberapa komponen RPP ada yang mengindikasikan ke arah pencapaian KI-1 dan KI-2 dan juga mengarahkan pada beberapa aspek pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, yaitu pada komponen Kompetensi Dasar dan Indikator, metode dan strategi, dan langkah-langkah Pembelajaran. Selanjnutnya, berdasarkan analisis pelaksanaan di kelas, pembelajaran KI-1 dan KI-2 bisa diketahui melalui tahap pendahuluan, inti dan penutup. 2) Berdasarkan 6 subyek siswa yang dijadikan sampel penelitian, ada 2 subyek yang sudah terlihat dan muncul dari beberapa aspek kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dan 4 subyek lainnya masih belum begitu terlihat dan belum muncul dalam dirinya, 3) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang bisa membantu mengarahkan pada pencapaian KI-1 dan KI-2, faktor pendukungnya, yaitu shalat Dhuhur berjamaah, ekstra kurikuler BTQ, organisasi sekolah, dan pembiasaan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu pemanfaatan media sosial yang kurang sesuai, Input kompetensi siswa yang kurang sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dan anggapan terkait rumpun sekolah seni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S. Psi., MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:58
Last Modified: 28 Jul 2015 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum