MENUMBUHKAN NILAI-NILAI FILANTROPI MELALUI KEGIATAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA

IRVAN YANUAR ARIFIN, NIM. 10411003 (2015) MENUMBUHKAN NILAI-NILAI FILANTROPI MELALUI KEGIATAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENUMBUHKAN NILAI-NILAI FILANTROPI MELALUI KEGIATAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA)
10411003_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (MENUMBUHKAN NILAI-NILAI FILANTROPI MELALUI KEGIATAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA)
10411003_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)

Abstract

Irvan Yanuar Arifin, Menumbuhkan Nilai-Nilai Filantropi Melalui Kegiatan Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Laporan Rekapitulasi Penerimaan Zakat yang diterbitkan oleh Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat, per Oktober 2012, dimana dana zakat yang terkumpul sebanyak 12 milyar rupiah, sedangkan dana infaq yang terkumpul pada tahun yang sama sebanyak 40 juta rupiah. Ini menjadi hal yang menarik ketika melihat potensi yang dihasilkan bisa lebih maksimal apabila ada kesadaran sejak dini untuk berbagi atau berderma kepada sesama, terlebih lagi apabila penanaman nilai filantropi tadi bisa terfasilitasi oleh lembaga formal atau sekolah dalam menyadarkan peserta didiknya bahwa berbagi untuk sesama dengan menyisihkan sebagian harta yang dimiliki merupakan sebuah kewajiban dan bentuk dari ungkapan syukur kepada Allah atas rezeki yang dimiliki. Hal ini seperti yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, dimana kesadaran berderma, berbagi, atau berfilantropi ini ditanamkan sejak dini melalui kegiatan zakat, infaq, dan shadaqah yang memang menjadi awal dari munculnya potensi peneriman zakat, infaq, dan shadaqah secara nasional. Selain itu, penelitian ini ingin melihat apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kegiatan zakat, infaq, dan shadaqah dalam menumbuhkan nilai-nilai filantropi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitiannya pada kegiatan zakat, infaq, dan shadaqah yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta dan peranannya dalam menumbuhkan nilai-nilai filantropi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verification. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini memaparkan pertama, penanaman nilai-nilai filantropi di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta terealisasi melalui kegiatan zakat, infaq, dan shadaqah. Kedua, pelaksanaan kegiatan zakat, infaq, dan shadaqah di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta dinilai berhasil. Ketiga, faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan filantropi karena adanya program yang tersetruktur dan terencana sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaan kegiatan zakat, infaq, dan shadaqah di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta karena kondisi ekonomi dan kesadaran orang tua wali peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Filantropi, Zakat, Infaq, dan Shadaqah, Nilai-Nilai.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 11:27
Last Modified: 28 Jul 2015 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum