ETIKA HUBUNGAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA

AHMAD NABAWI, NIM. 10410013 (2015) ETIKA HUBUNGAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA HUBUNGAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA)
10410013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ETIKA HUBUNGAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA)
10410013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (471kB)

Abstract

AHMAD NABAWI. Etika Hubungan Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Demanagan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Dunia pendidikan hubungan antar guru dengan murid tentunya harus didasarkan dengan etika yang benar dan baik dalam berkomunikasi maupun berperilaku sehingga timbul perasaan saling nyaman dalam berhubungan etika antara guru dengan murid juga akan mempertegas posisi guru maupun posisi murid selain itu etika antara guru dengan murid juga merupakan cerminan saling menghargai. Selain itu SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta merupakan sekolah yang mempunyai nilai akhlak yang baik sehingga peneliti ingin melakukan penelitiannya dilembaga pendidikan ini, agar hasilnya bisa digeneralisasi secara umum. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui etika hubungan guru dan siswa dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian (Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa SD Muhammadiyah Demangan). Waktu yang digunakan untuk penelitian pertengahan bulan Maret sampai akhir bulan April. Metode pengumpulan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peniliti bahwa Pelaksanaan etika hubungan guru dan siswa dalam Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Demangan sesuai yang diharapkan dengan beberapa pendeketan untuk mencapai tujuan pendidikan. Bahkan banyak kegiatan yang selalu menjadi andalan untuk menumbuhkan etika antara guru dan murid yakni 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) baik di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran, baik sesama guru maupun guru dan siswa atau seluruh komponen yang ada di sekolah dan itu menunjukan bahwa SD Muhammadiyah Demangan merupakan salah satu sekolah yang berbasis islami yang mempunyai etika hubungan baik antara guru dan siswa yang bisa kita ambil pelajarannya. Kendaladalam pelaksanaan etika hubungan guru dan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa kurikulum yang ada guru kurang mampu untuk mengajarkan ilmunya kepada siswa karena lebih pada penjelasan kognitif dan terfokus pada RPP yang bersifat pengetahuan saja, sehingga muncul kebosanan pada diri siswa yang akhirnya pembelajaran kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Jul 2015 11:40
Last Modified: 28 Jul 2015 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16461

Actions (login required)

View Item View Item