IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

YUSUF ANGGORO BHAKTI, NIM. 09410172 (2015) IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)
09410172_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)
09410172_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)

Abstract

YUSUF ANGGORO BHAKTI. Implementasi Variasi Metode Pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah Bahwa dalam pembelajaran hendaknya terdapat komunikasi yang baik antara guru dan siswa, yang menekankan kepada keaktifan siswa dalam prosesnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan tidak monoton. Penggunaan metode yang variatif dan sesuai tentunya juga akan mendorong keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Dalam kenyataannya maasih ada guru yang mengabaikan hal ini, utamanya berkenaan tentang penggunaan metode dalam proses pembelajaran. Oleh karenanya, perlu diadakannya penelitian mengenai kemampuan guru Pendidikan Akhlak dalam mengadakan variasi metode pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Variasi metode apa yang digunakan dan Bagaimana proses penerapan variasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis mengenai penerapan variasi metode yang dilakukan oleh guru dalam menyelenggarakan pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tolak ukur bagi sekolah dan juga guru dalam melihat sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan penerapan variasi metode pembelajaran yang diselenggarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data diakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi yaitu trianggulasi sumber, teknik, waktu, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Sleman sudah menggunakan metode pembelajaran yang cukup bervariasi. Adapun bentuk variasi penggabungannya diantaranya: pertama, ceramah-tanya jawab-penugasan. Kedua, ceramah-diskusi-tanya jawab. ketiga,ceramah-penugasan-tanya jawab. 2) Adapun penerapannya mulai dari Perencanaan hingga pelaksanaan penggunaannya sudah cukup baik, namun dalam evaluasi masih sangat kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Impementasi, Variasi Metode, Pembelajaran Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 11:45
Last Modified: 28 Jul 2015 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16464

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum