PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI PERILAKU TERCELA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

APRILIYA SAFITRI, NIM. 09410163 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI PERILAKU TERCELA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI PERILAKU TERCELA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
09410163_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI PERILAKU TERCELA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
09410163_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

APRILIYA SAFITRI. Pengembangan Media Pembelajaran PAI Menggunakan Lectora Inspire Pada Perilaku Tercela Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas XI Semester 2 Di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah kemajuan teknologi informasi dalam dunia pendidikan yang mendorong profesionalisme guru PAI dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Lectora Inspire sebagai salah satu hasil perkembangan teknologi pendidikan dapat digunakan untuk mengembangkan materi pelajaran dengan konsep edutainment dengan melibatkan konten multimedia (suara, gambar, dan video) serta dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa dengan bantuan seperangkat komputer. Pembelajaran berbasis komputer bersifat individual sehingga siswa dapat berinteraksi langsung dengan mata pelajaran yang diprogramkan dalam sistem komputer sehingga memotivasi peneliti untuk menyusun media pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun media pembelajaran dengan menggunakan software Lectora Inspire untuk siswa kelas XI Semester 2 dan mengetahui kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru PAI dan siswa. Media pembelajaran yang disusun menggunakan aplikasi Lectora Inspire yang merupakan software dari perusahaan Trivantis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analisis (Analisys), Perencanaan (Design), Tahap Pengembangan dan Produksi (Development and Production), Tahap Implementasi (Implementation), dan Tahap Evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket yang terdiri dari dua macam, yang pertama yaitu untuk penilai yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan guru PAI mencakup aspek kualitas tampilan, rekayasa perangkat lunak, kurikulum, penyajian materi, keterlaksanaan, dan evaluasi, sedangkan yang kedua terbagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama uji coba skala kecil oleh 10 siswa dan tahap kedua oleh 20 siswa. Dalam angket siswa mencakup aspek motivasi belajar mandiri, penguasaan materi dan tampilan. Analisis kualitas dilakukan terhadap masing-masing aspek dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan guru PAI terhadap media pembelajaran dengan Lectora Inspire ini telah memenuhi kriteria Baik (B) dengan skor rata-rata keseluruhan 112,7 dengan persentase sebesar 83,10% dan hasil penilaian akhir dari siswa mencapai skor rata-rata keseluruhan 52,95 dengan persentase sebesar 88,25%. Dengan demikian media pembelajaran Lectora Inspire ini mendapat penilaian dalam kategori Sangat Baik (SB) oleh siswa dan layak digunakan sebagai media belajar mandiri bagi siswa SMA kelas XI Semester 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Moch. Fuad, M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 11:47
Last Modified: 28 Jul 2015 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum