MATERI DAN METODE PENDIDIKAN ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF CATUR PUSAT PENDIDIKAN

SULKHAN SOFYAN, NIM. 09410142 (2015) MATERI DAN METODE PENDIDIKAN ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF CATUR PUSAT PENDIDIKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MATERI DAN METODE PENDIDIKAN ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF CATUR PUSAT PENDIDIKAN)
09410142_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MATERI DAN METODE PENDIDIKAN ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF CATUR PUSAT PENDIDIKAN)
09410142_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SULKHAN SOFYAN. Materi dan Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nasih Ulwan Ditinjau Dari Perspektif Catur Pusat Pendidikan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan anak merupakan tanggung jawab besar yang harus diberikan orang tua kepada anak sejak usia dini. Pendidikan itu sendiri merupakan suatu alat yang berupa usaha untuk menumbuhkan, mengembangkan, memperbaiki, mengurus, memimpin, mengawasi dan menjaga anak didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap metode pembelajaran anak. Hal ini dimaksudkan agar anak memiliki kemampuan intelegensi yang memadai, kemampuan bersosialisasi, serta memiliki akhlak yang baik. Berawal dari hal tersebut, penulis mencoba menawarkan materi dan metode pendidikan menurut salah satu pemikir kontemporer muslim yang bernama Abdullah Nasih Ulwan yang beberapa pemikirannya tentang pendidikan anak yang mencakup pendidikan anak serta peran keluarga, sekolah, dan masyarakat sebagai pusat pendidikan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi dan metode pendidikan anak menurut Abdullah Nasih Ulwan dan untuk mengetahui materi dan metode pendidikan anak menurut Abdullah Nasih Ulwan berdasarkan catur pusat pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu melalui benda-benda tertulis berupa buku-buku, dokumen dan internet yang dapat mendukung kajian penelitian. Analisis data yang dilakukan dengan model analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa materi pendidikan anak menurut Abdullah Nasih Ulwan terdiri dari pendidikan keimanan, pendidikan moral, pendidikan fisik, pendidikan rasio (nalar), pendidikan kejiwaan, pendidikan sosial, dan pendidikan seksual. Sedangkan metode pendidikan anak menurut Abdullah Nasih Ulwan terdiri dari metode pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan memberikan perhatian, dan pendidikan dengan memberikan hukuman.Dari segi catur pusat pendidikan terdiri dari: 1) pada lingkup keluarga; materi pendidikan anak yang dominan diterapkan adalah pendidikan keimanan,pendidikan moral,pendidikan fisik,pendidikan rasio,pendidikan kejiwaan,pendidikan sosial dan pendidikan seksual. 2) pada lingkup masjid; materi yang dominan yang diterapkan adalah pendidikan keimanan,pendidikan moral dan sosial. 3) pada lingkup sekolah; materi yang dominan adalah pendidikan keimanan, pendidikan moral, pendidikan fisik,pendidikan rasio, pendidikan kejiwaan. 4) pada lingkup masyarakat; materi yang dominan yang dapat diterapkan adalah materi pendidikan moral, pendidikan rasio dan sosial. Sedangkan metode yang dapat diterapkan adalah pendidikan dengan keteladanan,dengan adat kebiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Anak, Catur Pusat Pendidikan, Abdullah Nasih Ulwan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 11:48
Last Modified: 28 Jul 2015 11:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum