IMPLEMENTASI ISI KANDUNGAN AL-QUR’AN SURAT AL-MĀŪN PADA PENDIDIKAN ANAK KELAS V DI MIN YOGYAKARTA II

FATEN LUKMAN HAKIM, NIM. 11480057 (2015) IMPLEMENTASI ISI KANDUNGAN AL-QUR’AN SURAT AL-MĀŪN PADA PENDIDIKAN ANAK KELAS V DI MIN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI ISI KANDUNGAN AL-QUR’AN SURAT AL-MĀŪN PADA PENDIDIKAN ANAK KELAS V DI MIN YOGYAKARTA II)
11480057_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI ISI KANDUNGAN AL-QUR’AN SURAT AL-MĀŪN PADA PENDIDIKAN ANAK KELAS V DI MIN YOGYAKARTA II)
11480057_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

FATEN LUKMAN HAKIM. Implementasi Isi Kandungan Al-Qur’an Surat Al-Mā’ūn Pada Pendidikan Anak Kelas V di MIN Yogyakarta II. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Ayat-ayat al-Qur’an mengandung banyak hikmah dan nilai-nilai pendidikan yang dijadikan sebagai dasar untuk memberikan pendidikan kepada anak. Surat al- Mā’ūn adalah salah satu sumber ide dan gagasan pendidikan yang penting bagi keluarga muslim dan guru sebagai pendidik. Ayat ini merupakan salah satu dasar untuk mendidik anak agar dapat mempunyai karakteristik anak soleh, yaitu menyantuni anak yatim dan memberi makan kepada orang-orang miskin, sehingga implikasi yang diharapkan selanjutnya adalah perilaku anak dapat sesuai dengan ayat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kandungan al- Qur’an surat al-Mā’ūn pada pendidikan anak di MIN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bidang studi al-Qur’an dan Hadits kelas V, koordinator bidang keagamaan MIN Yogyakarta II, wakil Kepala Madrasah dan siswa kelas V di MIN Yogyakarta II. Objeknya adalah pelaksanaan pendidikan yang dilaksanakan di MIN Yogyakarta II sebagai implementasi dari QS al-Mā’ūn serta perilaku anak di MIN Yogyakarta II setelah mendapat pendidikan di madrasah. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Implementasi dari kandungan al-Qur’an surat al-Mā’ūn pada pendidikan anak di MIN Yogyakarta II yaitu : (a) Mengunjungi Panti : dalam menanamkan nilai-nilai kandungan surah al-Mā’ūn kepada siswa yaitu dengan cara mengajak siswa untuk berkunjung ke panti memberikan makanan kepada anak yatim dan orang-orang miskin (b) penarikan infak rutin : infak siswa yang nanti hasilnya akan disalurkan untuk siswa dan masyarakat sekitar yang kurang mampu. (c) pelatihan zakat : Pelatihan zakat ini dilakukan ketika bulan ramadhan dan hasilnya diberikan kepada siswa dan masyarakat sekitar sekolah yang kurang mampu. Adapun faktor pendukung dalam implementasi kandungan al-Qur’an surat al-Mā’ūn pada pendidikan anak di MIN Yogyakarta II antara lain, adanya partisipasi siswa, peran aktif guru dan dukungan orang tua/ wali siswa. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya dana dan kurangnya dukungan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. Jauhar Hatta, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi Isi Kandungan al-Qur’an surat al-Mā’ūn, Pendidikan anak.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Jul 2015 02:18
Last Modified: 29 Jul 2015 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16477

Actions (login required)

View Item View Item