RESPON DAN KESIAPAN GURU DI MI YAPPI SEMOYO TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

ANNISA NUR AZIZAH, NIM. 11480050 (2015) RESPON DAN KESIAPAN GURU DI MI YAPPI SEMOYO TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON DAN KESIAPAN GURU DI MI YAPPI SEMOYO TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013)
11480050_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (39MB) | Preview
[img] Text (RESPON DAN KESIAPAN GURU DI MI YAPPI SEMOYO TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013)
11480050_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)

Abstract

ANNISA NUR AZIZAH. “Respon dan Kesiapan Guru di MI YAPPI Semoyo terhadap Implementasi Kurikulum 2013”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Belum tercapainya tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan manusia Indonesia yang kreatif, produktif, inovatif, dan berkarakter sehingga diperlukan adanya perubahan kurikulum. Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurna dari Kurikulum 2006 menjadi jawaban atas permasalahan pendidikan di Indonesia. Peran guru yang sangat kompleks terhadap keberhasilan implementasi kurikulum ini didukung oleh respon dan kesiapan dari guru itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan kesiapan guru serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru/wali kelas I dan siswa kelas IV di MI YAPPI Semoyo. Objeknya adalah respon dan kesiapan guru di MI YAPPI Semoyo terhadap Implementasi Kurikulum 2013. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Melalui data-data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan, bahwa sebagian besar guru di MI YAPPI Semoyo merespon dengan baik implementasi Kurikulum 2013 walaupun sumber daya madrasah masih kurang. (2) Kesiapan Guru Kelas I dan IV di MI YAPPI Semoyo dinyatakan belum siap sepenuhnya karena kurangnya pemahaman guru terhadap konsep Kurikulum 2013 serta sarana dan prasarana madrasah yang kurang. (3) Faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 di MI YAPPI Semoyo adalah adanya bimtek, buku guru dan buku siswa, dan partisipasi aktif siswa. Faktor penghambatnya adalah proses pembelajaran, anggaran madrasah, sarana dan prasarana, penilaian, dan kurangnya partisipasi orang tua siswa. Kurikulum 2013 di MI YAPPI Semoyo akhirnya diberhentikan sementara. Hal tersebut karena banyaknya faktor penghambat dan kurangnya persiapan pendukung dari madrasah terhadap implementasi Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Key word: Respon, kesiapan guru, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:22
Last Modified: 29 Jul 2015 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum