PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL

MAKHRUS FAUZI, NIM. 11480037 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL)
11480037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL)
11480037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (812kB)

Abstract

Makhrus Fauzi, “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo 1. Imogiri Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijjaga, 2015 Dalam upaya untuk membentuk karakter bangsa pemerintah menerapkan pendidikan karakter. Dalam upaya memaksimalkan pendidikan karakter yaitu dengan memaksimalkan peran semua mata pelajaran yang ada, baik mata pelajaran umum maupun agama. mata pelajaran mata pelajaran SKI merupakan salah satu mata pelajaran agama yang dapat membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana mata pelajaran SKI dapat membentuk karakter siswa di kelas IV MI Ma’arif Giriloyo 1 Penelitian ini mengkaji permasalahan sebagai berikut: (1) bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran SKI (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat, (3) bagaimana hasil pembelajran SKI dalam Pembentukan karakter siswa di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi guru mata pelajaran SKI, Kepala Madrasah, dan siswa kelas IV MI Maarif Giriloyo 1. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggnunakan teori Miles and Hubermen yang meliputi reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pembentukan karkater siswa dilakukan dengan menjadikan Nabi Muhammad SAW. serta guru menjadi model yang dapat dicontoh dan menggunakan metode ceramah tanya jawab, dan diskusi serta menggunakan pendekatan saintific. Sehingga siswa lebih aktif dan pembentukan karakter dapat berjalan. (2) terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung yaitu progam sekolah, kurikulum, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambat meliputi waktu pelaksanaan pembelajaran, peserta didik atau siswa yang bermacam-macam, dan perencanaan pembelajaran. (3) Hasil dari pembentukan karakter melalui pembelajaran SKI yaitu berkembangnya semua aspek yang dimiliki oleh siswa meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Terbukti dengan siswa dapat megetahui tentang sejarah Nabi Muhammad dan meneladani sifat-sifatnya kemdian diterapkan dalam kegiatan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran SKI MI, Pembentukan karakter
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Jul 2015 02:28
Last Modified: 29 Jul 2015 02:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16483

Actions (login required)

View Item View Item