PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KURIKULUM KEPESANTRENAN SISWA KELAS V DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA

VIKRIYANI, NIM. 11480029 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KURIKULUM KEPESANTRENAN SISWA KELAS V DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KURIKULUM KEPESANTRENAN SISWA KELAS V DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA)
11480029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KURIKULUM KEPESANTRENAN SISWA KELAS V DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA)
11480029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Vikriyani, Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Kepesantrenan Kelas V di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah Bangsa Indonesia dewasa ini tengah mengalami patologi sosial yang kronis. Sebagian masyarakatnya tercerabut dari peradaban ketimuran yang terkenal dengan watak santun, toleran, bermoral, dan beragama. SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta lahir ditengah-tengah zaman yang penuh tantangan. Perwujudan manusia, khoirul ummah, sejak dini harus dilakukan, semangat pendidikan berwawasan ahlussunah waljama’ah, sebagai modal penggerak pendidikan yang berinovasi guna menjawab kebutuhan masa depan bangsa, generasi emas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter melalui kurikulum kepesantrenan siswa kelas V di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan deskriptif kualitatif yang berlokasi di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta. Subyek penelitiannya yaitu guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan telaah reduksi data, penyajian data dan dilanjutkan dengan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Kegiatan inti dalam pendidikan karakter melalui kurikulum kepesantrenan siswa kelas V di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta yaitu sholat wajib 5 waktu secara berjama’ah, tadarus Al-Qur’an, muwajahah dan setoran hafalan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kurikulum kepesantrenan di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta, terdapat 5 nilai karakter yang menonjol yaitu : religius, disiplin, mandiri, kerja keras dan tanggung-jawab. Adapun metode yang diterapkan dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter siswa kelas V di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta antara lain yaitu metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan ceramah. Sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya berasal dari pendidik, peserta didik, orangtua, sarana prasarana dan lingkungan masyarakat. Hasil penelitian yang di dapat yaitu pendidikan karakter melalui kurikulum kepesantrenan siswa kelas V di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta sudah melaksanakan pendidikan karakter dengan baik dan signifikan dalam membangun dan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hidayat M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kurikulum, Kepesantrenan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 11:13
Last Modified: 29 Jul 2015 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum