PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD BANTUL TIMUR

WIDYA WULANDARI, NIM. 11480022 (2015) PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD BANTUL TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD BANTUL TIMUR)
11480022_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD BANTUL TIMUR)
11480022_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (724kB)

Abstract

Widya Wulandari. Pengaruh Persepsi Pembelajaran Tematik Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Bantul Timur. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Pembelajaran tematik menciptakan sebuah pembelajaran yang mendorong keterlibatan anak dalam belajar, membuat anak aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan menciptakan situasi pemecahan masalah sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga dapat menumbuhkan keterampilan berpikir, menumbuhkembangkan keterampilan sosial, penguasaan materi pembelajaran semakin baik dan meningkat yang pada akhirnya berpengaruh kepada hasil belajar siswa yang meningkat pula. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang pembelajaran tematik, peningkatan keterampilan sosial, peningkatan hasil belajar siswa, pengaruh antara persepsi pembelajaran tematik dengan keterampilan sosial siswa kelas V SD Bantul Timur, dan pengaruh antara persepsi pembelajaran tematik dengan hasil belajar siswa kelas V SD Bantul Timur. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif dengan metode survei yang bersifat deskriptif dan asosiatif korelasional. Teknik yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas instrumen persepsi pembelajaran tematik dinyatakan 24 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,980, uji validitas instrumen keterampilan sosial dinyatakan 20 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,982, variabel X, Y1,Y2 berdistribusi normal, hubungan antara X dengan Y1 dan hubungan antara X dengan Y2 adalah linier. Kesimpulan dalam penelitian adalah tingkat persepsi siswa terhadap pembelajaran tematik adalah sebesar 79,47% dari yang diharapkan, tingkat keterampilan sosial adalah sebesar 82,91% dari yang diharapkan, tingkat hasil belajar adalah sebesar 76,64% dari yang diharapkan, terdapat pengaruh yang positif antara persepsi pembelajaran tematik terhadap keterampilan sosial siswa kelas V SD Bantul Timur dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,866, dan terdapat pengaruh yang positif antara persepsi pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Bantul Timur dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,774.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pembelajaran tematik, keterampilan sosial, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Jul 2015 11:16
Last Modified: 29 Jul 2015 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16492

Actions (login required)

View Item View Item