IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)

ANGGITIYAS SEKARINASIH, NIM. 11480015 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA))
11480015_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA))
11480015_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Anggitiyas Sekarinasih, Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di Madrasah Ibtidiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini berangkat dari adanya kurikulum terbaru yang ditetapkan pemerintah mulai tahun ajaran 2013/2014. Salah satu komponen perubahan pada kurikulum 2013 ini yaitu terletak pada komponen standar proses di mana pada kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik. Di mana kegiatan pembelajaran harus mendorong peserta didik untuk melakukan keterampilan-keterampilan ilmiah meliputi keterampilan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dilihat dari proses perencanaan pembelajaran tematik terpadu, pelaksanaan proses pembelajaran serta hasil yang dilihat dari proses penilaian berdasarkan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti metode wawancara mendalam, observasi partisipatif dan metode dokumentasi. Adapun untuk proses analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang dikemukakan Miles dan Hubermen yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan dan implementasi pembelajaran tematik terpadu berdasarkan kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta secara garis besar telah sesuai dengan aturan pemerintah yaitu persiapan dirancang dalam bentuk RPP, di mana perencanaan pembelajaran tersebut meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, penyiapan media dan sumber belajar, dan perangkat penilaian pembelajaran. Untuk pelaksanaan proses pembelajaran secara umum melakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Sedangkan hasil implementasi pembelajaran tematik terpadu yakni dapat meningkatnya hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu juga mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif yaitu suasana pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan keaktifan dan motivasi peserta didik, dan menumbuhkan kedisiplinan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kurikulum 2013, Pembelajaran Tematik Terpadu, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Jul 2015 11:21
Last Modified: 29 Jul 2015 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16495

Actions (login required)

View Item View Item