PENGEMBANGAN INSEKTARIUM DISERTAI BUKU PEDOMAN PEMBUATAN KOLEKSI SERANGGA SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

DEWI NURHAMIDAH, NIM. 10680058 (2015) PENGEMBANGAN INSEKTARIUM DISERTAI BUKU PEDOMAN PEMBUATAN KOLEKSI SERANGGA SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSEKTARIUM DISERTAI BUKU PEDOMAN PEMBUATAN KOLEKSI SERANGGA SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10680058_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSEKTARIUM DISERTAI BUKU PEDOMAN PEMBUATAN KOLEKSI SERANGGA SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10680058_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media Insektarium disertai buku pedoman pembuatan koleksi serangga sebagai media pembelajaran praktikum untuk siswa kelas X SMA/MA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer dan guru biologi, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan prosedural dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen penilaian yang digunakan untuk pengumpulan data berbentuk angket dengan aspek penilaian meliputi penyajian media insektarium, penyajian buku pedoman koleksi serangga, kelayakan materi, dan kelayakan bahasa. Kualitas produk dinilai melalui uji coba keterbacaan dengan subjek coba yaitu 2 guru biologi dan 15 siswa, setelah sebelumnya produk telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, kualitas produk dinyatakan Baik (B) dan layak digunakan sebagai media pembelajaran praktikum dengan persentase keidelan masing-masing 94%, 81,8%, 89,7%, 81,9%. Berdasarkan tanggapan siswa terhadap produk memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidelan 89,6% sehingga disimpulkan bahwa media Insektarium yang disertai dengan Buku Pedoman Pembuatan Koleksi Serangga pada sub bab Insekta untuk siswa kelas X SMA/MA ini telah layak digunakan sebagai media pembelajaran praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistyawati, S.Pd.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Media insektarium, buku pedoman pembuatan koleksi serangga, insekta, dan praktikum
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Jul 2015 15:51
Last Modified: 30 Jul 2015 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum