PERUBAHAN SOSIAL TAHLILAN SELAMATAN KEMATIAN DI DUSUN KAMIJORO, DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL

DHANI PANDU WIDURI, NIM. 09720021 (2015) PERUBAHAN SOSIAL TAHLILAN SELAMATAN KEMATIAN DI DUSUN KAMIJORO, DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SOSIAL TAHLILAN SELAMATAN KEMATIAN DI DUSUN KAMIJORO, DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL)
09720021_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SOSIAL TAHLILAN SELAMATAN KEMATIAN DI DUSUN KAMIJORO, DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL)
09720021_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Sebagian besar masyarakat Jawa percaya bahwa leluhur (nenek moyang) akan memberikan keselamatan dan perlindungan. Dengan kekuatan leluhur yang dipercayai tersebut, sebagian besar masyarakat menjadi sangat tergantung pada para leluhurnya. Berdasarkan kepercayaan yang telah dianut sebagian masyarakat tersebut, maka mereka melakukan kegiatan ritual dalam berbagai bentuk. Salah satu bentuk kegiatan ritual tersebut dan masih berkembang saat ini adalah Tahlilan. Salah satu daerah yang melestarikan tahlilan adalah Dusun Kamijoro, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan makna sosial tahlilan selamatan kematian di dusun Kamijoro, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Teori yang digunakan mengancu pada teori Emile Durkheim. Emile Durkheim sebagai salah seorang Sosiolog abad ke-19, menemukan hakikat agama yang pada fungsinya sebagai sumber dan pembentuk solidaritas mekanis. Ia berpendapat bahwa agama adalah suatu pranata yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengikat individu menjadi satu-kesatuan melalui pembentukan sistem kepercayaan dan ritus. Melalui simbol-simbol yang sifatnya suci. Agama mengikat orang-orang kedalam berbagai kelompok masyarakat yang terikat satu kesamaan. Durkheim membedakan antara solidaritas mekanis dengan solidaritas organis. Dengan konsep ini ia membedakan wujud masyarakat modern dan masyarakat tradisional. Ide tentang masyarakat adalah jiwa dari agama. Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan, sedangkan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan pengumpulan data sumber-sumber tertulis atau studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian skripsi ini maka secara garis besar perubahan Makna Tradisi Tahlilan Selamatan Kematian di Dusun Kamijoro adalah sebagai berikut: (1) Tahlilan selamatan kematian tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang sakral. Tradisi tersebut dipandang sebagai tradisi yang tidak terlalu wajib untuk diikuti. Kalaupun diikuti hanya sekedar menunjukkan sikap toleransi, yakni menjaga hubungan baik dengan keluarga maupun tetangga sekitar. (2) Meskipun terdapat dua pemahaman dalam menyikapi tahlilan selamatan kematian, tetapi warga Dusun Kamijoro tetap hidup berdampingan secara harmonis. Mereka mengganggap tradisi tersebut sebagai sarana menjalin silaturahim dengan para tetangga. (3) Tradisi tahlilan berdampak positif bagi masyarakat setempat karena dapat meningkatkan kerukunan dan keharmonisan antar tetangga. Perbedaan keyakinan yang terjadi antar warga disikapi secara bijak, sehingga toleransi antar sesama warga muslim di Dusun Kamijoro tetap terjalin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, S.Sos., S.Ag., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: perubahan sosial, tahlilan selamatan kematian.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Aug 2015 01:24
Last Modified: 03 Aug 2015 01:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item