BIMBINGAN BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS DALAM MENUMBUHKAN SELF-DETERMINATION DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA

FAUZI ZEEN ALKAF, NIM. 11220001 (2015) BIMBINGAN BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS DALAM MENUMBUHKAN SELF-DETERMINATION DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS DALAM MENUMBUHKAN SELF-DETERMINATION DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA)
11220001_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS DALAM MENUMBUHKAN SELF-DETERMINATION DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA)
11220001_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FAUZI ZEEN ALKAF, 11220001, PROGRAM KETERAMPILAN BAGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS UNTUK MENUMBUHKAN SELF-DETERMINATION DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA. Penelitian ini didasarkan atas asumsi bahwa semakin maraknya Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kondisi ini menyebabkan kerusakan tatanan keindahan kota akibat banyaknya orang yang menggelandang. Untuk itu, pemerintah melalui Dinas Sosial UPTD Panti Sosial Bina Karya melakukan penjaringan yang kemudian mereka dibina dengan berbagai program bimbingan dan keterampilan. Atas dasar asumsi tersebut maka perlu kiranya mengkaji kembali tentang dampak program terhadap selft-determination bagi Gepeng. Berdasarkan kenyataan di atas, penelitian ini menjawab 3 rumusan, yaitu (i) apa saja bentuk-bentuk bimbingan dalam menumbuhkan self-determination bagi Gepeng di Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Yogyakarta? (ii) bagaimana tahapan bantuan bagi gepeng dalam menumbuhkan self-determination di PSBK Yogyakarta? (iii) bagaimana implementasi bantuan terhadap Gepeng untuk menumbuhkan selfdetermination di Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Yogyakarta? Untuk menjawab tiga pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun narasumber penelitian ini terdiri dari enam orang, yaitu 2 Pekerja Sosial, 2 Guru Program Keterampilan, dan 2 Gepeng. Hasil dari penelitian ini, bentuk-bentuk bimbingan bagi gepeng untuk menumbuhkan self-determination di PSBK Yogyakarta terdiri dari keterampilan pertanian, pertukangan bangunan atau batu, pertukangan las, pertukangan kayu, keterampilan menjahit, keterampilan olahan pangan, dan keterampilan kerajinan tangan. Kemudian, pada tahap pelaksanaan bimbingan tersebut terdiri dari rekruitmen, bimbingan individu, dan transmigrasi. Sedangkan, untuk yang ketiga adalah implementasi bimbingan keterampilan sedikitnya ada dua, yaitu lahirnya motivasi diri untuk hidup mandiri dan menumbuhkan kesadaran dalam mengembangkan potensi diri. Selanjutnya, bimbingan yang dilaksanakan oleh Panti Sosial Bina Karya Yogyakarta sedikitnya dapat memotivasi para Gepeng sehingga mereka dapat tumbuh menata kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Oleh karenanya, dalam konteks ini self-determination bagi Gepeng sedikitnya memiliki dampak pribadi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S.Psi. Msi.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Program Keterampilan dan Self-Determination
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 09:18
Last Modified: 03 Aug 2015 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16572

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum