POLA ASUH ASISTEN RUMAH TANGGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (STUDI PADA ASISTEN RUMAH TANGGA KELUARGA HASAN DAN KELUARGA SAFIUDDIN DI PERUMAHAN GRIYA TAMAN SRAGO KLATEN)

TRI NUR AMALIA, NIM. 11220011 (2015) POLA ASUH ASISTEN RUMAH TANGGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (STUDI PADA ASISTEN RUMAH TANGGA KELUARGA HASAN DAN KELUARGA SAFIUDDIN DI PERUMAHAN GRIYA TAMAN SRAGO KLATEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ASISTEN RUMAH TANGGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (STUDI PADA ASISTEN RUMAH TANGGA KELUARGA HASAN DAN KELUARGA SAFIUDDIN DI PERUMAHAN GRIYA TAMAN SRAGO KLATEN))
11220011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ASISTEN RUMAH TANGGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (STUDI PADA ASISTEN RUMAH TANGGA KELUARGA HASAN DAN KELUARGA SAFIUDDIN DI PERUMAHAN GRIYA TAMAN SRAGO KLATEN))
11220011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)

Abstract

Tri Nur Amalia. Pola Asuh Asisten Rumah Tangga dalam Pembentukan Karakter Anak (Studi Pada Asisten Rumah Tangga Keluarga Hasan dan Keluarga Safiuddin di Perumahan Griya Taman Srago Klaten). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Tidak sedikit wanita yang mengalihtangankan tugas pengasuhan anak demi menjadi wanita karier sehingga tugas pengasuhan saat ini banyak dibebankan pada asisten rumah tangga. Kesuksesan dalam menanamkan jiwa berkarakter pada anak adalah tergantung bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua, tak terkecuali asisten rumah tangga. Karena asisten rumah tangga berada dalam ruang lingkup pengamatan anak yang memungkinkannya menjadi teladan bagi anak. Berlatar belakang fenomena tersebut, maka penulis membatasi rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana pola asuh asisten rumah tangga dan bagaimana pola asuh asisten rumah tangga berdampak pada pembentukan karakter anak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan sumber data penelitian adalah asisten rumah tangga keluarga Hasan (bukan nama sebenarnya) dan keluarga Safiuddin (bukan nama sebenarnya) di Perumahan Griya Taman Srago Klaten. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis menggunakan metode analisis data kualitatif yaitu analisis data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang meliputi cara pengasuhan asisten rumah tangga dan karakter yang terlihat dalam aktivitas anak sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pola asuh yang diterapkan asisten rumah tangga keluarga Hasan dilihat dari penerapan aturan atau disiplin masih kurang tegas dan pemberian keteladanan masih kurang karena masih berupa instruksi. Pemberian reward (hadiah) masih kurang tepat fungsi. Sedangkan pola asuh asisten rumah tangga keluarga Safiuddin dilihat dari penerapan beberapa aturan dilakukan melalui bimbingan dengan penuh perhatian namun pada aturan lain penerapan masih dilakukan dengan kurang tegas terutama dalam urusan keagamaan. Jenis pola asuh apabila dilihat dari cara Bu Marji mengasuh adalah permisif, sedangkan pada Bu Warjinah cenderung demokratis permisif. 2) Pola asuh permisif membentuk anak menjadi tidak mandiri karena kurangnya bimbingan pada anak untuk melakukan tugas-tugasnya sendiri. Sedangkan pada pola asuh demokratis permisif, anak menjadi tahu dan melakukan tugas-tugasnya namun pada beberapa tugas tertentu mereka mengabaikannya karena kurangnya teladan dan penekanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moch. Nur Ichwan, MA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pola Asuh, Asisten Rumah Tangga, Karakter Anak.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 09:24
Last Modified: 03 Aug 2015 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum