STUDI TENTANG ISLAMIC PARENTING TERHADAP KELUARGA CHAYATULLAH ROMAS DI DESA LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES

LAELATUL FAJRIYAH, NIM. 11220021 (2015) STUDI TENTANG ISLAMIC PARENTING TERHADAP KELUARGA CHAYATULLAH ROMAS DI DESA LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG ISLAMIC PARENTING TERHADAP KELUARGA CHAYATULLAH ROMAS DI DESA LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES)
11220021_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG ISLAMIC PARENTING TERHADAP KELUARGA CHAYATULLAH ROMAS DI DESA LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES)
11220021_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)

Abstract

Laelatul Fajriyah. 11220021. “Studi tentang Islamic Parenting terhadap Keluarga Chayatullah Romas di Desa Linggapura Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes”. Skripsi: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode dan bimbingan yang dilakukan Chayatullah Romas dalam mempersiapkan anak-anaknya dengan mengacu pada norma-norma Islam melalui pendidikan, menikahkan/memilihkan pasangan hidup, dan mengembangkan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis yaitu studi tentang metode dan bimbingan Chayatullah Romas dalam mempersiapkan anak-anaknya dengan mengacu pada norma-norma Islam melalui pendidikan, menikahkan/memilihkan pasangan hidup, dan mengembangkan agama Islam. Penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Setelah data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang dilakukan Chayatullah Romas dalam mempersiapkan anak-anaknya dengan mengacu pada norma-norma Islam, yaitu pertama melalui pendidikan, yakni pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan jasmani, dan pendidikan intelektual. Kedua, dengan menikahkan/memilihkan pasangan hidup, kriteria Chayatullah Romas dalam menikahkan/memilihkan pasangan hidup bagi anak-anaknya adalah yang terpenting calon suami/istri anaknya pandai membaca Al Qur’an. Ketiga, mengembangkan agama Islam salah satu diantaranya adalah dengan menjadi penceramah, menjadi takmir masjid, menjadi guru seni musik, maupun menulis artikel di blog. Bimbingan yang dilakukan Chayatullah Romas dalam mempersiapkan anak-anaknya dengan mengacu pada norma-norma Islam yaitu pertama, pemahaman melalui pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan jasmani, dan pendidikan intelektual. Kedua, preventif melalui pendidikan keimanan dan pendidikan akhlak. Ketiga, kuratif melalui pendidikan akhlak. Keempat, pengembangan melalui mengembangkan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Islamic Parenting, Chayatullah Romas.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 09:28
Last Modified: 03 Aug 2015 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum