EFEKTIFITAS PEMBINAAN BAGI REMAJA PUTRI PUTUS SEKOLAH DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA DI PANTI SOSIAL KARYA WANITA YOGYAKARTA

RIZKI FITRIA, NIM. 11220029 (2015) EFEKTIFITAS PEMBINAAN BAGI REMAJA PUTRI PUTUS SEKOLAH DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA DI PANTI SOSIAL KARYA WANITA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBINAAN BAGI REMAJA PUTRI PUTUS SEKOLAH DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA DI PANTI SOSIAL KARYA WANITA YOGYAKARTA)
11220029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBINAAN BAGI REMAJA PUTRI PUTUS SEKOLAH DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA DI PANTI SOSIAL KARYA WANITA YOGYAKARTA)
11220029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)

Abstract

Rizki Fitria, 11220029, Efektifitas Pembinaan Bagi Remaja Putri Putus Sekolah Dalam Menghadapi Dunia Kerja Di Panti Sosial Karya Wanita Yogyakarta Seorang perempuan dengan pendidikan rendah atau remaja putri yang mengalami putus sekolah, akan menjadi seorang perempuan yang akan terhambat rutinitas kehidupannya dan akan tergolong sebagai penyandang masalah kesejahteraan sosial. Keadaan seperti ini justru akan mempermudah proses penyisihan dalam tatanan masayarakat. Mereka selalu dipandang sebelah mata oleh masyarakat karena latar pendidikannya yang tidak setara dengan masyarakat lainnya. Melihat kenyataan yang seperti itu maka perlu adanya usaha untuk menumbuhkan, memulihkan dan mengembangkan kemampuan fisik, mental, dan sosial agar mampu melaksanakan fungsi sosialnya di masyarakat dan menjadi warga masyarakat yang mandiri tanpa ada kesenjangan dengan orang yang lebih tinggi tingkat pendidikannya. Judul dari skripsi ini adalah “Efektifitas Pembinaan Bagi Remaja Putri Putus Sekolah Dalam Menghadapi Dunia Kerja Di Panti Sosial KaryaWanita Yogyakarta”. Penulis mengambil judul ini agar dapat mengetahui keefektifan pihak lembaga dalam berupaya memberikan pembinaan kepada warga binaannya khususnya remaja putri yang mengalami putus sekolah, terlebih mereka juga dibina agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya, yang pada kenyataannya dunia kerja adalah dunia yang keras apalagi pada zaman modern seperti sekarang ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang disajikan dalam bentuk tulisan kemudian diterangkan secara apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi menggunakan sistem tanya jawab pada informan. Hasil dari penelitian ini adalah dapat mengetahui beberapa tahap proses pembinaan yang diberikan oleh Panti Sosial Karya Wanita Yogyakarta kepada remaja putri putus sekolah, antara lain tahap sosialisasi, penerimaan, rehabilitasi sosial, resosialisasi, bimbingan lanjut dan tahap terminasi. Semua tahap tersebut bertujuan agar warga binaan dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan dunia kerja, serta dapat memulihkan potensi dan kepercayaan diri agar dapat diterima kembali oleh masyarakat. Adapun hasil dari pelaksanaan pembinaan tersebut adalah warga binaan mampu menerima berbagai materi yang diberikan oleh lembaga, mampu menciptakan perubahan pada dirinya kearah yang lebih baik, sehingga dengan bekal yang telah didapatkan, warga binaan dapat segera bekerja maupun menciptakan usaha sendiri dan tidak lagi bergantug pada orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RIZKI FITRIA NIM. 11220029
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : EfektifitasPembinaan, RemajaPutusSekolah, DuniaKerja
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 13:48
Last Modified: 03 Aug 2015 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum