UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNANETRA MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

JUMIATI, NIM. 11220042 (2015) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNANETRA MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNANETRA MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
11220042_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNANETRA MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
11220042_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)

Abstract

JUMIATI, Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunanetra MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri-ciri siswa tunanetra dan upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tujuh siswa tunanetra, guru BK, guru GBK dan wakil Kepala Sekolah. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian di sini adalah bagaimana ciri-ciri siswa tunanetra dan upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunanetra MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian di sini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciri-ciri siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo antara lain: tidak mampu melihat, tidak mampu mengenal orang pada jarak 6 meter, kerusakan nyata pada kedua bola mata, sering meraba-raba atau tersandung ketika berjalan, mengalami kesulitan ketika mengambil benda kecil, bagian bola yang hitam berwarna keruh, mata bergoyang terus sedangkan upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan cara guru membantu siswa untuk menyesuaikan diri, mengajarkan siswa untuk saling menghargai martabat, mengajarkan siswa untuk bersifat empati dan membantu siswa mengembangkan pribadi sosial selain itu guru memberikan perhatian terhadap pribadi anak agar siswa dapat membangkitkan motivasi belajar yang ada dalam diri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Upaya, Guru bimbingan dan konseling, Motivasi belajar, Siswa Tunanetra.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 13:55
Last Modified: 03 Aug 2015 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum