LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

MUHAMMAD RIZA HAEFANY, NIM. 11220084 (2015) LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA)
11220084_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA)
11220084_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)

Abstract

MUHAMMAD RIZA HAEFANY, “Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Tunagrahita di SLB Negeri 2 Yogyakarta”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Anak tunagrahita Pada umumnya mengalami hambatan perkembangan psikologis karenanya kemampuan kemandirian pada anak tunagrahita lebih lamban dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Maka pendekatan bimbingan kemandirian mutlak diperlukan lebih serius yang nantinya akan membantu perkembangan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanan layanan bimbingan belajar oleh guru BK terhadap kemandirian belajar siswa tunagrahita di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah satu kepala sekolah, dua guru BK, Sembilan guru pembimbing dan empat siswa SMP. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan cara menginterpretasikan data data yang diperoleh dengan triangulasi guna mendapatkan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah Layanan bimbingan (1) soft skill terdiri dari keterampilan rias atau salon, keterampilan kayu, keterampilan masak, keterampilan menjahit. (2) Layanan bimbingan keagamaan terdiri dari Keimanan, Ibadah, Akhlaq, PTMAS (program tambahan makan anak sholeh). (3) Layanan bimbingan prestasi terdiri dari prestasi olahraga, prestasi tari, prestasi grafis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Key Words: Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar, Tunagrahita.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 14:23
Last Modified: 03 Aug 2015 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum