PARTISIPASI MASYARAKAT DUSUN TARUKO TERHADAP PENDIDIKAN (STUDI DI DUSUN TARUKO. NAGARI MANGNTI KEC. SUMPUR KUDUS KAB. SIJUNJUNG, PROV. SUMATERA BARAT)

DARUL FAUZI, NIM. 10720039 (2015) PARTISIPASI MASYARAKAT DUSUN TARUKO TERHADAP PENDIDIKAN (STUDI DI DUSUN TARUKO. NAGARI MANGNTI KEC. SUMPUR KUDUS KAB. SIJUNJUNG, PROV. SUMATERA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DUSUN TARUKO TERHADAP PENDIDIKAN (STUDI DI DUSUN TARUKO. NAGARI MANGNTI KEC. SUMPUR KUDUS KAB. SIJUNJUNG, PROV. SUMATERA BARAT))
10720039_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DUSUN TARUKO TERHADAP PENDIDIKAN (STUDI DI DUSUN TARUKO. NAGARI MANGNTI KEC. SUMPUR KUDUS KAB. SIJUNJUNG, PROV. SUMATERA BARAT))
10720039_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (898kB)

Abstract

Putus sekolah bukanlah masalah yang baru lagi di Indonesia. Belum meratanya pembangunan membuat pendidikan di beberapa wilayah tergolong rendah. Seperti yang terjadi di Dusun Taruko, Nagari Manganti, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Banyaknya masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan bahkan tidak sedikit pula masyarakat yang mengalami putus sekolah mencerminkan bahwa rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Tidak adanya kesadaran dari masyarakat mengenai pentingnya pendidikan dan sifat apatis yang beranggapan bahwa pendidikan itu adalah urusan sekolah dan pemerintah, berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat secara keseluruhan. Maka dari penjelasan di atas penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana partisipasi masyarakat Dusun Taruko terhadap pendidikan, dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat Dusun Taruko terhadap pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk partisipasi masyarakat Dusun Taruko terhadap pendidikan secara konkrit, dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi partisipasi masyarakat Dusun Taruko terhadap pendidikan. Selanjutnya penelitian ini diharapakan bisa memberikan manfaat khusunya dibidang sosiologi pendidikan yaitu berkaitan dengan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan. Penelitian ini menggunakan teori partisipasi oleh Irene Siti Astuti Dwiningrum. Dan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Tentunya dengan menggunakan metode tersebut akan memudahkan peneliti dalam mendeskripsikan dan menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjawab atas rumusan masalah yang telah dibuat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rendahnya partisipasi masyarakat dipegaruhi antara lain tidak maksimalnya peran orant tua, komunikasi yang tidak harmonis antara sekolah dan masyarakat, kurang profesionalnya tenaga pengajar atau guru, sekolah gratis, kurikulum yang tidak membumi dan tidak maksimalnya peran lembaga sosial seperti pemerintah nagari, sekolah dan lembaga adat. yang tentunya berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat. Selain itu rendahnya partisipasi masyarakat berdampak juga terhadap mobilitas sosial, pekerjaan, moral dan banyaknya masyarakat yang putus sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Musa, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, masyarakat, pendidikan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Aug 2015 07:40
Last Modified: 03 Aug 2015 07:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16609

Actions (login required)

View Item View Item