PENYEBAB KEGAGALAN NILAI IPK (INDEKS PRESTASI KUMULATIF) MAHASISWA PENERIMA BANTUAN BIDIKMISI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2013

NURLAELIA, NIM. 11720001 (2015) PENYEBAB KEGAGALAN NILAI IPK (INDEKS PRESTASI KUMULATIF) MAHASISWA PENERIMA BANTUAN BIDIKMISI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYEBAB KEGAGALAN NILAI IPK (INDEKS PRESTASI KUMULATIF) MAHASISWA PENERIMA BANTUAN BIDIKMISI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2013)
11720001_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENYEBAB KEGAGALAN NILAI IPK (INDEKS PRESTASI KUMULATIF) MAHASISWA PENERIMA BANTUAN BIDIKMISI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2013)
11720001_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2010 Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional meluncurkan program bantuan Bidikmisi. Program ini diluncurkan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa atau calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu, akan tetapi mempunyai prestasi yang baik. Bantuan Bidikmisi diberikan kepada seluruh universitas negeri atau swasta yang ada di Indonesia, termasuk PTAIN. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sendiri termasuk salah satu kampus yang dapat diamanahi untuk mengelola bantuan Bidikmisi. Namun dalam perjalanannya, bantuan Bidikmisi di UIN terdapat kendala bagi penerimanya. Beberapa mahasiswa mengalami kegagalan kemudian dikeluarkan, yang disebabkan karena nilai IPK di bawah 3,00. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kegagalan mahasiswa penerima bantuan Bidikmisi tidak bisa mencapai IPK di atas 3,00. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi informasi atau media bagi pemerintah, pihak UIN, mahasiswa penerima bantuan Bidikmisi, dan masyarakat pada umumnya. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Dramaturgi dari Erving Goffman. Sedangkan, metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan menceritakan mengenai fenomena penyebab kegagalan nilai IPK mahasiswa penerima bantuan Bidikmisi. Adapun data penelitian bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data serta yang terakhir adalah verifikasi. Penyebab kegagalan mahasiswa penerima bantuan Bidikmisi, dengan IPK di bawah 3,00, karena jarang masuk dalam kegiatan perkuliahan, yakni dipengaruhi pacar, aktif di organisasi ekstra dan intra, bekerja dan tidak minat di Bidikmisi. Front stage (panggung depan) yang dimainkannya adalah tidak menampakan status sosialnya ditandai dengan sering tidak masuk kuliah, berdiam diri di kelas, jarang mengerjakan tugas dan jarang berinteraksi dengan lingkungan kampus. Adapun Back stage (panggung belakang) yang dimainkannya pun tidak mendukung status sosialnya, ditandai juga dengan hanya menonton TV, sering bermain bersama temannya, berpacaran, bekerja dan pengaruh ketergantungan terhadap kelompok sosial. Kedua peran yang dimainkannya saling mempengaruhi dalam ketidakmasimalan untuk memainkan perannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dadi Nurhaedi, S. Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bantuan Bidikmisi, Front Stage dan back stage mahasiswa gagal
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Aug 2015 07:50
Last Modified: 03 Aug 2015 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16614

Actions (login required)

View Item View Item