PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CONSOL- LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 PRAMBANAN YOGYAKARTA)

ABDUL HAKIM 03460527, (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CONSOL- LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 PRAMBANAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CONSOL-LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 PRAMBANAN YOGYAKARTA))
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL MAS-TEO-CONSOL-LAT DAN LATAR BELAKANG SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 PRAMBANAN YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran model mas-teo-con-sol-lat pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi siswa terhadap proses pembelajaran Pendidikan Sians khususnya Fisika. Lebih spesifik untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mas-teo-con-sol-lat terhadap motivasi dan prestasi belajar Sains khususnya Fisika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model masalah-teori-contoh-soal-dan latihan dan latar belakang siswa terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika .Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam 1 Prambanan Yogyakarta dengan pokok bahasan listrik dinamis. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket motivasi, pre-test dan post-test. Pada penelitian eksperimen ini dapat dilihat dari hasil bahwa ada peningkatan prestasi belajar fisika siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran mas-teo-con-sol-lat dengan nilai rata-rata post test sebesar 17,93 dibanding dengan nilai rata-rata pre test sebesar 11,67. Dari thitung didapatkan nilai sebesar -7,99. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari pembelajaran model mas-teo-con-sol-lat jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2,81. Model mas-teo-con-sol-lat terhadap motivasi siswa juga terdapat pengaruh sebesar -16,49. Secara splisit pembelajaran fisika dengan menggunakan model mas-teo-con-sol-lat dan latar belakang siswa pengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika khususnya di SMA Islam 1 Prambanan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Model Mas-Teo-Con-Sol-Lat
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2012 11:45
Last Modified: 07 Dec 2016 05:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item View Item