FRAMING PERISTIWA PENERBITAN KARIKATUR NABI MUHAMMAD SAWOLEH MAJALAH CHARLIE HEBDO PADA RUBRIK INTERNATIONAL DI SKH KOMPAS EDISI JANUARI 2015

SILVIA AYUDIA NOORTY, NIM. 11210062 (2015) FRAMING PERISTIWA PENERBITAN KARIKATUR NABI MUHAMMAD SAWOLEH MAJALAH CHARLIE HEBDO PADA RUBRIK INTERNATIONAL DI SKH KOMPAS EDISI JANUARI 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FRAMING PERISTIWA PENERBITAN KARIKATUR NABI MUHAMMAD SAWOLEH MAJALAH CHARLIE HEBDO PADA RUBRIK INTERNATIONAL DI SKH KOMPAS EDISI JANUARI 2015)
11210062_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FRAMING PERISTIWA PENERBITAN KARIKATUR NABI MUHAMMAD SAWOLEH MAJALAH CHARLIE HEBDO PADA RUBRIK INTERNATIONAL DI SKH KOMPAS EDISI JANUARI 2015)
11210062_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)

Abstract

Penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW oleh Majalah Charlie Hebdo banyak mengundang pro-kontra serta kecaman dari berbagai pihak. Pemberitaan yang berpusat di Paris, Perancis ini membuat negara lain diluar Perancis ikut terlibat didalamya, baik dalam hal solidaritas, kecaman maupun hanya sekedar memberikan pendapat. Negara-negara seperti, Iran, Turki, Australia, Niger serta Aljazair mengemukakan masing-masing pendapat mereka dengan cara yang berbeda. Kebanyakan dari negara-negara ini prihatin terhadap penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW oleh Charlie Hebdo karena dianggap sebagai tindakan penghinaan dan penistaan agama. Hal ini di karenakan penggambaran Nabi Muhammad SAW dalam bentuk apapun adalah haram bagi umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi berita terkait penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW oleh SKH Kompas. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini, dengan pisau analisis dari Robert N. Entman, sehingga data yang penulis dapatkan, di analisis menggunakan empat tahapan, yakni: Define Problem (Pendefinisian Masalah), Diagnosis Causes (Memperkirakan Masalah atau Sumber Masalah), Make Moral Judgement (Membuat Keputusan Moral), Treatment Recommendation (Menekankan Penyelesaian). Dari tujuh berita yang penulis ambil sebagai sample penelitian, SKH Kompas lebih menekankan pada efek yang timbul pasca peristiwa penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW, daripada penyebab terjadinya kerusuhan, yakni kemarahan orang Islam di Paris karena diterbitkannya karikatur Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Musthofa, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Key Word : Framing, SKH Kompas, Karikatur
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2015 08:30
Last Modified: 05 Aug 2015 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum