KONSTRUKSI PEMBERITAAN TOLERANSI PADA PEMAKAIAN ATRIBUT NATAL DI SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA (STUDI ANALISIS FRAMING ZHONDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI)

IRA AMBARWATI, NIM. 11210145 (2015) KONSTRUKSI PEMBERITAAN TOLERANSI PADA PEMAKAIAN ATRIBUT NATAL DI SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA (STUDI ANALISIS FRAMING ZHONDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PEMBERITAAN TOLERANSI PADA PEMAKAIAN ATRIBUT NATAL DI SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA (STUDI ANALISIS FRAMING ZHONDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI))
11210145_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PEMBERITAAN TOLERANSI PADA PEMAKAIAN ATRIBUT NATAL DI SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA (STUDI ANALISIS FRAMING ZHONDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI))
11210145_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemberitaan mengenai pemakaian atribut Natal di Surat Kabar Harian Republika yang memberitakan pelaranggan penggunaan atribut Natal bagi karyawan dan karyawati yang bekerja di mal dan pusat perbelanjaan. Pemberitaan ini dipublikasikan kepada khalayak pembaca pada awal bulan Desember 2014. Dimulainya pemberitaan ini dengan adanya teguran dari Majelis Ulama Indonesia terhadap pemilik atau pengelola usaha. Akan tetapi pada pemberitaan ini didominasi dengan perbedaan pendapat dari Majelis Ulama Indonesia dengan Kemenentrian Agama. Perbedaan pendapat mengenai sikap nilai toleransi dalam penggunaan atribut Natal tersebut. karena dalam Islam toleransi agama tidak untuk mencampurbaurkan urusan identitas masing – masing agama. Toleransi adalah saling memahami, mengerti dan menghormati pemeluk agama lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui media Surat Kabar Harian Republika mengkonstruksi pemberitaan perbedaan pendapat mengenai pemakaian atribut Natal. Apakan Surat Kabar Harian Repulika dalam memberitakan pemberitaan ini memihak kepada salah satu narasumber atau pihak yang bersangkutan atau tidak. Untuk meneliti Surat Kabar Harian Republika dalam mengkonstruksi pemberitaan perbedaan pendapat mengenai pemakaian atribut Natal ini, peneliti menggunakan analisis framing dengan modelnya Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dengan melihat empat unsur besar yang berpengarh dalam penelitian analisis framing yaitu struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik dan struktur retoris. Hasil dalam penelitian ini Konstruksi pemberitaan yang terdapat dalam berita – berita tersebut mejadikan pengertian langsung untuk khalayak pembaca bahwa penggunaan atribut Natal bukan termasuk dalam bentuk toleransi. Konstruksi pemberitaan dari perbedaan pendapat antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan Kementrian Agama (Kemenag) serta beberapa tokoh agama mengarahkan pada sikap toleransi antar umat beragama dijadikan alasan untuk menggunakan atribut Natal. Karena toleransi bukan mencampurbaurkan urusan akidah agama. Melainkan menghormati, menghargai dan memahami keyakinan agama orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos.,M.Si.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2015 08:51
Last Modified: 05 Aug 2015 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum