PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBUSANA DIKALANGAN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA

NOOR ARIFAH MAZIYAH, NIM. 11720050 (2015) PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBUSANA DIKALANGAN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBUSANA DIKALANGAN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA)
11720050_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBUSANA DIKALANGAN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA)
11720050_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Di era modernisasi ini, busana tidak lagi hanya sebatas fungsional, melainkan telah bergeser menjadi sebuah seni, sebagai penunjuk identitas sosial, untuk mencari suatu kepuasan dan pencitraan diri, serta sebagai penyalur hobi bagi pelaku konsumtif busana. Hal ini juga terjadi pada Santriwati Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta, yang turut menjadi bagian dari pelaku konsumtif busana. Fenomena ini dapat dilihat dari style busana yang digunakan oleh santriwati Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya perilaku konsumtif dalam berbusana, serta dampak yang muncul dari adanya perilaku konsumtif di kalangan santriwati Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta dengan menggunakan teori perilaku konsumtif yang dicetuskan oleh Phillip Kotler, bahwa perilaku konsumtif merupakan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi, perilaku dengan lingkungannya dimana manusia melakukan kegiatan pertukaran dalam hidup mereka, serta teori budaya konsumtif yang dicetuskan oleh Jean Baudrillard, bahwa budaya konsumtif merupakan suatu budaya perilaku aktif dan kolektif, yang merupakan sebuah paksaan, moral dan institusi. Ia adalah keseluruhan nilai, yang berimplikasi sebagai fungsi integrasi kelompok dan integrasi kontrol sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa munculnya perilaku konsumtif dilatar belakangi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah faktor budaya yang meliputi kebudayaan dan kelas sosial, faktor sosial yang meliputi kelompok, keluarga, peran dan status, faktor pribadi yang meliputi kondisi ekonomi keluarga, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri, serta faktor psikologis yang meliputi motivasi, persepsi, pengetahuan, keyainan, dan sikap. Adapun dampak yang muncul dari perilaku konsumtif dalam membelanjakan busana tersebut adalah munculnya sifat pemborosan, adanya santriwati yang melanggar peraturan-peraturan pondok, serta munculnya rasa bangga dan percaya diri ketika santriwati berada di tengah-tengah kelompoknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, S.Ag., M.A., Ph.D,
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Busana Santriwati, Pondok Pesantren Al- Munawwir.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Aug 2015 07:06
Last Modified: 25 Aug 2015 07:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item View Item