ANALISIS BUKU TEKS “METODE BELAJAR ILMU SHARAF” KARYA UST. MAFTUH AHNAN(KAJIAN METODE DAN MATERI PEMBELAJARAN)

AKHYAR AMNAR, NIM 10420002 (2015) ANALISIS BUKU TEKS “METODE BELAJAR ILMU SHARAF” KARYA UST. MAFTUH AHNAN(KAJIAN METODE DAN MATERI PEMBELAJARAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS “METODE BELAJAR ILMU SHARAF” KARYA UST. MAFTUH AHNAN(KAJIAN METODE DAN MATERI PEMBELAJARAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS “METODE BELAJAR ILMU SHARAF” KARYA UST. MAFTUH AHNAN(KAJIAN METODE DAN MATERI PEMBELAJARAN))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap metode tashrifan yang digunakan dalam pembelajaran sharaf yang terdapat pada buku “Metode Belajar Ilmu Sharaf” karya Ust. Maftuh Ahnan. Penelitian ini merupakan sebuah analisis buku teks “Metode Belajar Ilmu Sharaf” dari kajian metode dan materi pembelajaran dimana bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam penyampaian materi sharaf ini serta untuk mengetahui bagaimana penerapan seleksi, gradasi, repetisi, dan presentasi pada materi sharaf serta kelebihan dan kelemahan dari buku sharaf ini. Apakah sudah memenuhi kriteria desain buku ajar yang baik apa belum. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk jenis penelitiannya adalah jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan macam-macam material yang ada di ruang kepustakaan, baik berupa buku-buku, kitab, dokumentasi dan catatan yang masih ada relevansinya dengan tema ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam buku ini ialah metode praktik-teori dan deduktif. Namun yang dominan adalah metode praktik-teori. Sedangkan dalam desain penyajian materi sudah cukup baik sebagai buku ajar dilihat dari aspek seleksi, gradasi, repetisi, dan presentasi. Kelebihan buku “Metode Belajar Ilmu Sharaf” ini ialah penyajian materinya lebih praktis dari segi pengertian dan penyampaian tashrifan istilahinya serta banyak terdapat tabel-tabel yang berisi wazan-wazan tashrifan, namun ada juga kekurangannya/kelemahannya yakni dari segi bentuk penulisan huruf mana yang hamzah washal dan hamzah qath’iy terdapat kekeliruan dalam penulisan Arabnya dan juga pada aspek pembagian materi untuk setiap tingkatan yang sampai mana mesti untuk diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: METODE BELAJAR, ILMU SHARAF
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 08:12
Last Modified: 07 Aug 2015 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum