METODE COOPERATIVE LEARNING STRATEGI INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN QIRĀ'AH (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Candimulyo Magelang Tahun Ajaran 2014/2015)

MUHAMMAD ABDUL QOFIN, NIM 08420140 (2015) METODE COOPERATIVE LEARNING STRATEGI INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN QIRĀ'AH (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Candimulyo Magelang Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE COOPERATIVE LEARNING STRATEGI INSIDEOUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN QIRĀ'AH (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Candimulyo Magelang Tahun Ajaran 2014/2015))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (METODE COOPERATIVE LEARNING STRATEGI INSIDEOUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN QIRĀ'AH (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Candimulyo Magelang Tahun Ajaran 2014/2015))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitan lapangan, yang dilaksanakan di MTs Ma’arif Candimulyo Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini yaitu eksperimen, yang prosedurnya antara lain pre-experiment measurement, tratmet, post-experiment measurement. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjujkan bahwa penerapan metode cooperative learning strategi inside-outside circle dalam pembelajaran qira’ah berlangsung baik dan lancar. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar penguasaan qira’ah siswa pada siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata kemampuan awal siswa (pre-test) dalam penguasaan qira’ah kelompok kontrol (VIII A) sebesar 7,550 sedangkan kelompok ekspeimen (VIII C) sebesar 8,140 dan untuk skor rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 8,740 sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 10,900 dengan skor tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan nilai yang lebih tinggi yaitu sebesar 2,760 atau 25,32% sedangkan kelompok kontrol 1,190 atau 13,62% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan metode cooperative learning strategi inside-outside circle dalam pembelajaran qira’ah dengan kelas yang tidak menggunakan metode dan strategi tersebut mempunyai perbedaan yang signifikan, sehingga metode cooperative learning strategi inside-outside circle dalam pembelajaran qira’ah dapat diterapkan sabagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penguasaan qira’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning,Strategi Inside-Outside Circle, Qira’ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 13:51
Last Modified: 07 Aug 2015 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum