KEGIATAN TAKROR DALAM PEMBELAJARAN QAWAID NAHWU DI KELAS MARHALAH I MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

NIHAYATUS SA’ADAH, NIM 11420107 (2015) KEGIATAN TAKROR DALAM PEMBELAJARAN QAWAID NAHWU DI KELAS MARHALAH I MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN TAKROR DALAM PEMBELAJARAN QAWAID NAHWU DI KELAS MARHALAH I MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN TAKROR DALAM PEMBELAJARAN QAWAID NAHWU DI KELAS MARHALAH I MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan diadakannya takror, mengetahui proses kegiatan takror dan mengetahui dampak dari kegiatan takror terhadap pembelajaran nahwu di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas marhalah I Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede yogyakarta. Pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan dan tujuan diadakannya kegiatan takror adalah (1) pengulangan dan penguatan mata pelajaran nahwu, (2) Suplemen atau jam tambahan bagi nahwu. Secara umum proses pembelajarannya dibagi menjadi tiga tahap yaiu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir .kitab yang digunakan adalah kitab Jurumiyah karangan Syeich Sonhaji. Metode yang digunakan dalam kegiatan takror adalah metode ceramah, metode gramatika-terjemah, dan metode menghafal. Kendala yang dihadapi dalam proses takror adalah (1) latar belakang siswi yang beragam,(2)kurangnya motivasi belajar siswi, (3) waktu kegiatan yang terlalu malam, dan (4) pemilihan metode yang kurang tepat. Dampak kegiatan takror terhadap pembelajaran nahwu saling mengcover, melengkapi dan melaksanakan tujuan yang ingin diraih. Selain itu manfaat dari kegiatan takror adalah sebagai sarana melatih dan memperlancar . Kata kunci: takror, kegiatan, metode

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: takror, kegiatan, metode
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 14:22
Last Modified: 07 Aug 2015 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16699

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum