PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQH (STUDI DI KELAS WUSTHO MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA DESA MANDIRAJA KEC. MOGA KAB. PEMALANG)

AENUN HAKIMAH 02411101, (2009) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQH (STUDI DI KELAS WUSTHO MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA DESA MANDIRAJA KEC. MOGA KAB. PEMALANG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQH (STUDI DI KELAS WUSTHO MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA DESA MANDIRAJA KEC. MOGA KAB. PEMALANG))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQH (STUDI DI KELAS WUSTHO MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA DESA MANDIRAJA KEC. MOGA KAB. PEMALANG))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan stategi active learning dalam pembelajaran fiqh di kelas Wustho Madrasah Diniyah Miftahul Huda, komponen-komponen active learning dalam pembelajaran fiqh, pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran Fiqh serta tanggapan siswa tentang penerapan strategi active learning dalam pembelajaran Fiqh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Kelas Wustho Madrasah Diniyah Miftahul Huda, Desa Mandiraja Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Komponen-komponen active learning dalam pembelajaran fiqh terdiri dari: tujuan pembelajaran Fiqh, materi pembelajaran Fiqh, pengaturan ruang belajar, metode pembelajaran Fiqh, langkah-langkah pembelajaran Fiqh, media pembelajaran Fiqh, alokasi waktu serta evaluasi pembelajaran Fiqh. Kedua, Pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran Fiqh di kelas wustho telah berjalan dengan baik. Namun hal tersebut tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi tersebut. Adapun faktor pendukung dalam penerapan strategi active learning tersebut antara lain: adanya semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, serta semangat dari para guru dalam memberikan bimbingan dan pengajaran kepada siswa. Adapun faktor-faktor yang menghambat dalam penerapan strategi active learning antara lain: 1) Faktor yang datang dari siswa, yaitu kurangnya penekanan pada pembacaan tek arab di kelas awwaliyah, kurangnya bimbingan orangtua dalam pelaksanaan belajar di rumah, adanya perbedaan tingkat pendidikan formal siswa. 2) Faktor yang datang dari guru, yaitu minimnya pengetahuan guru dalam memahami active learning. 3) Faktor sarana pendidikan, yaitu belum tersedianya perpustakaan, minimnya peralatan praktik, adanya kerusakan pada beberapa ruang kelas.4) Minimnya waktu yang tersedia dalam pembelajaran Fiqh. Ketiga, Penerapan strategi active learning dalam pembelajaran fiqh di pandang lebih efektif dibanding dengan strategi pembelajaran sebelumnya. Hal ini terbukti dengan beberapa tanggapan siswa yang merasakan hasil positif dari penerapan strategi active learning tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Karwadi M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Metode belajar fiqh
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2012 14:19
Last Modified: 07 Aug 2017 04:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item