PENGARUH MASA TRANSISI PERUBAHAN KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

RINA LUSIANA A., NIM 11420031 (2015) PENGARUH MASA TRANSISI PERUBAHAN KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MASA TRANSISI PERUBAHAN KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MASA TRANSISI PERUBAHAN KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab di tengah masa transisi perubahan kurikulum. Kemudian mengetahui pengaruh masa transisi perubahan kurikulum terhadap karakter. Serta mengetahui seberapa besar pengaruh masa transisi perubahan kurikulum terhadap karakter. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X di MAN Tempel Sleman diambil sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 65 siswa. Data-data yang dikumpulkan adalah observasi, wawancara, dan angket. Peneliti menggunakan uji validitas dengan uji T dan uji reliabilitas dengan rumus Alfa Cronbach untuk menguji keampuhan angket. Persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dengan tes Kolmogrof-Smirnov. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi untuk menentukan adanya hubungan antara variabel masa transisi perubahan kurikulum dengan karakter, analisis regresi linier untuk menentukan adanya pengaruh masa transisi perubahan kurikulum terhadap karakter dan seberapa besar pengaruhnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa proses pembelajaran bahasa Arab pada masa transisi perubahan kurikulum mengalami hambatan dan tidak berjalan dengan baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan korelasi sebesar 0,76 yang artinya hubungan kedua variabel tersebut sangat kuat, dan R Square besar angka Koefisien Diterminasinya sebesar 55,6% yang artinya masa transisi perubahan kurikulum mempengaruhi karakter sebesar 55,6%, dan angka signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak Ha diterima, ada hubungan linier antara variabel masa transisi perubahan kurikulum dengan karakter. Oleh karena itu, terdapat hubungan linier antara kedua variabel maka variabel masa transisi perubahan kurikulum memang dapat mempengaruhi karakter peserta didik. Kata Kunci: Masa transisi perubahan kurikulum dan Karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Masa transisi perubahan kurikulum dan Karakter.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 15:22
Last Modified: 07 Aug 2015 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum