PENDIDIKAN ISLAM TELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007

ABDULLAH, NIM. 023319 (2009) PENDIDIKAN ISLAM TELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM TELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007)
ABDULLAH – NIM. 023319 PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian 1111 bertujuan untuk: ( l) mengungkap perencanaan kurikulum Pondok Pesanlren Modern Islam Assalaam (PPMI) Surakarta dan nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalamnya; (2) mengungkap implementasi kurikulum PPM! Assalaam dan nilai-ni lai multikultural yang terkandung di dalamnya; (3) mengungkap evaluasi kurikulum . PPM! Assalaam dan nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalamnya; serta (4) rnenemukan model pengembangan kurikulum pesantren multikultural. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di PP\1! Assalaam Surakarta, dengan subyek dan informan penelitiannya adalah unsur yayasan, direktur pondok, kepala sekolah :v1Ts, MA, SMA, dan SMK; para guru, para santri, dan beberapa alumni. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan terlibat. wawancara mendalam. dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-interpretatif dan analisis isi. Keabsahan data diuji dengan empat cara: perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan peneliti, triangulasi. dan pemeriksaan teman sejawat. Penelitian ini menghasilkan 4 temuan. Pertama, perencanaan kurikulum PPM! Assalaam dilakukan dengan dua tahap: penyusunan draf dan pembahasan. Penyusunan draf perencanaan dilakukan da lam diskusi kelompok, sedangkan pembahasan draf dilakukan dalam workshop. Hasil dari perencanaan kurikulum adalah dokumen kurikulum yang terdiri atas: program pendidikan. kalender akademik, silabus, dan rencana pembelajaran. Dalam perspektif multikultural, perencanaan kurikulum PPM! Assalaam memuat nilai-nilai multikultural-yaitu nilai demokrasi dan nilai keadilandan nilai-nilai anti multikultural sekaligus nilai diskriminasi dan nilai ketidakadi Ian. Kedua, implementasi kurikulum PPM! Assalaam menggunakan model kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan menekankan pada pencapaian kompetensi peserta didik dalam berpikir dan berperilaku. Dalam implementasi kurikulum ditcrnukan nilai -nilai multikultural dan nilai-nilai anti multikultural sekaligus. ~ilai demokrasi. nilai solidaritas dan kebersamaan, nilai kasih sayang dan memaafkan. serta nilai perdamaian dan tolcransi tcrdapat dalam materi ajar, kegiatan pembelajaran. dan evaluasi pembelajaran. Adapun nilai diskriminasi dan kelidakadilan terdapat dalam penggunaan variasi sumber belajar yang hanya diperuntukkan bagi program layanan khusus dan bukan pada kelas reguler. 3 Ketixa. evaluasi kurikulum PPMI Assalaam dilakukan pada setiap akhir semester. dengan menekankan pada aspek implementasi kurikulum. baik untuk implementasi kurikulum pondok maupun implementasi kurikulum sekolah/madrasah. Dalam evaluasi kurikulum tersebut terkandung nilai-nilai multikultural: nilai demokrasi. perdamaian. toleransi. dan kebersamaan terutama dalam proses dan produk evaluasi kurikulum. Sementara itu, nilai kontlik. hegemoni, dan dominasi terdapat dalam interaksi antar santri di lingkungan pesantren sehari-hari. Keempat, model kurikulum pesantren multikultural harus mempertimbangkan tiga hal: (I) perencanaan kurikulum pesantren multikultural ditentukan oleh proses dan produknya. Proses perencanaannya melibatkan partisipasi banyak pihak yang ada di pesantren secara demokratis. adil, dan terbuka. Produknya berupa dokumen kurikulum yang memuat nilainilai multikultural; (2) implementasi kurikulum pcsantren multikultural ditentukan oleh buku ajar yang memuat nilai-ni lai multikultural; strategi pembelajaran yang mengakti fkan para pcserta didik berpartisipasi dalarn pernbelajaran secara demokratis dan menyenangkan; scrta evaluasi hasil pernbelajaran yang kontekstual dan kornprehensif yang meliputi tes lisan, tes tertulis, portofolio, unjuk kerja, dan penugasan; serta (3) evaluasi kurikulurn pesantren rnultikultural ditentukan oleh proses dan produknya. Proses evaluasinya melibatkan partisipa5i banyak pihak yang ada di pesantren secara demokratis. adil, dan terbuka. Produknya berupa kcputusan tentang perlunya perbaikan terhadap aspek perencanaan dan implementasi kurikulum yang belum memuat nilai-nilai rnultikultural. 4

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Ringkasan Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Aug 2015 12:16
Last Modified: 10 Aug 2015 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum