PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN

Ali Muis 0447 1185, (2009) PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang permasalahan lingkungan hidup, pandangan Islam terhadap lingkungan hidup, dan berupaya untuk mengkonstruksi konsep pendidikan Islam ramah lingkungan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi atau studi dokumenter, yaitu dengan cara mengumpulkan data tertulis, seperti arsip, buku-buku tentang teori, pendapat, dalil atau hukum dan lain-lain yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diangkat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif-analitis. Alur analisis yang digunakan mengikuti model Mils dan Huberman (1984), yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam, seperti agama-agama yang lain ; Kristen, Hindu, dan Budha mempunyai kepedulian terhadap lingkungan hidup. Islam mengajarkan untuk bersikap ramah terhadap lingkungan agar lingkungan tidak rusak, tercemar, bahkan menjadi punah, sebab apa yang Allah berikan kepada manusia semata-mata merupakan suatu amanah yang harus dijaga dan dipelihara. Islam juga mengajarkan untuk menjaga kebersihan agar kesehatan diri, keluarga, dan masyarakat dapat terjamin. Keharmonisan lingkungan hidup perlu tetap dijaga agar daya dukung alam dapat menjaga kehidupan manusia. Hal itu semua terdapat dalam kedua sumber pokoknya, yaitu Al-Qur'an dan al-Hadits / al-Sunnah. Semua anjuran dan larangan yang terdapat dalam keduanya dimaksudkan untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain dari bencana yang dapat datang kapan saja, yang itu semua disebabkan oleh ulah tangan manusia sendiri. Pendidikan Islam berwawasan lingkungan berupaya mengkonstruk pemikiran pendidikan Islam yang diarahkan pada peningkatan daya jawabnya terhadap problem kehidupan kontemporer, khususnya masalah lingkungan hidup dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Al-Qur'an dan al-Sunnah. Pendidikan Islam yang selama ini hanya berkutat pada dogma-dogma normatif diharapkan tidak lagi demikian, akan tetapi lebih diarahkan kepada kontribusinya dalam memecahkan persoalan-persoalan empiris-sosiologis yang terjadi dalam masyarakat kontemporer. Dalam hal ini, titik tekannya adalah kepada perbaikan pola interaksi manusia dengan lingkungan hidupnya. Pendidikan Islam berwawasan lingkungan ini perlu ditransformasikan ke dalam kahidupan anak didik. Dengan harapan, out-put pendidikan Islam nantinya menjadi peka terhadap perubahan (bahkan dapat menjadi pelopor) dalam mengawal setiap perubahan itu dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai ajaran agamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : M. Agus Nuryatno, MA., PhD
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, wawasan lingkungan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2012 10:39
Last Modified: 15 Mar 2017 01:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item