AL KHUTUT FI MASAJID AL JAMI'AT BIJOGJAKARTA (DIRASAH NAQDIYYAH MIN JANIB AL RASM AL IMLAI WA AL NAW' AL KHATIY)

ABDUL WAHID - ABDUL WAHID, NIM. 10110008 (2015) AL KHUTUT FI MASAJID AL JAMI'AT BIJOGJAKARTA (DIRASAH NAQDIYYAH MIN JANIB AL RASM AL IMLAI WA AL NAW' AL KHATIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL KHUTUT FI MASAJID AL JAMI'AT BIJOGJAKARTA (DIRASAH NAQDIYYAH MIN JANIB AL RASM AL IMLAI WA AL NAW' AL KHATIY))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (AL KHUTUT FI MASAJID AL JAMI'AT BIJOGJAKARTA (DIRASAH NAQDIYYAH MIN JANIB AL RASM AL IMLAI WA AL NAW' AL KHATIY))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Eksistensi kaligrafi sangat penting sebagai peradaban dan karya seni berestetika tinggi yang menjadikannya semakin eksis di tengah masyarakat tak terkecuali sebagai penghias pada masjid-masjid perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijga, Universitas Islam Indonesia serta Universitas Gajah Mada merupakan perguruan tinggi yang memiliki basis perkembangan keilmuan di Daerah Istimewa Yogakarta dengan penampilan seni kaligrafi sebagai corak keindahan serta sebagai media dakwah yang sarat makna. Dalam upaya menjaga kemurnian seni kaligrafi dan keserasiannya dangan tatatulis Arab serta agar tetap eksis dan berkembang di masyarakat, perlu dilakukan berbabagai analisis, di antaranya dengan mengkritisi setiap kesalahan yang terdapat di dalam penulisannya dengan menggambil sampel tulisan kaligrafi pada masjid-masjid tersebut. Untuk membantu memecahkan masalah di atas, penelitian ini menggunakan teori kaidah kaligrafi milik Hasyim Muhammad Al-Khatat yang penulisannya telah disalin ulang oleh Ali Akbar dengan bukunya yang berjudul Kaligrafi Islam, dan Ilmu Imla’ milik Ma’rifatul Munjihah serta Mushaf Madinah sebagai rujukanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggali, mengklasifikasi, serta menjelaskan permasalahan yang terdapat di dalam penulisan kaligrafi pada masjid-masjid perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu: 1. Dari segi bentuk, kaligrafi yang digunakan di masjid-masjid perguruan tinggi adalah khat tsulutsi, naskhi, farisi, diwani, diwani jali, riq’i dan kufi. Khat tsuluts merupakan jenis khat yang paling banyak dipakai pada setiap mesjid. 2. Dari segi kaidah imla’ terdapat kekeliruan dan kesalahan dalam penulisan hamzah, huruf ya’ dan kaidahnya dalam penulisan. Masjid Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga merupakan masjid yang memiliki hampir seluruh jenis kaligrafi dibanding masjid-masjid perguruan tinggi yang dijadikan sampel oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Sugeng Sugiyono, MA
Uncontrolled Keywords: Kaligrafi Islam
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Aug 2015 00:40
Last Modified: 11 Aug 2015 00:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item