AL TASHBIYYAH FI KITAB MUKHTA AL AHADITH AL NABAWIYYAH WA AL HUKM AL MUHAMMADIYYAH LI SAYYID AHMAD AL HASHIMIY

ARMIDI, NIM. 09110013 (2015) AL TASHBIYYAH FI KITAB MUKHTA AL AHADITH AL NABAWIYYAH WA AL HUKM AL MUHAMMADIYYAH LI SAYYID AHMAD AL HASHIMIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL TASHBIYYAH FI KITAB MUKHTA AL AHADITH AL NABAWIYYAH WA AL HUKM AL MUHAMMADIYYAH LI SAYYID AHMAD AL HASHIMIY)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL TASHBIYYAH FI KITAB MUKHTA AL AHADITH AL NABAWIYYAH WA AL HUKM AL MUHAMMADIYYAH LI SAYYID AHMAD AL HASHIMIY)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul at-Tasybih Fi Kitab Mukhtar al-Ahadits an-Nabawiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah. penulisan skripsi ini dilatar belakangi adanya keindahan bahasa yang dikemas dengan susunan sastranya yang apik dan mengesankan, banyak ditemui dan didapati dalam Kitab Mukhtar al-Ahadits an-Nabawiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah, disusun oleh Sayyid Ahmad al-Hasyimi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti Kitab Mukhtar al-Ahadits an-Nabawiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah, dengan mengajukan dua rumusan masalah yang dibatasi pada kajian uslub at-Tasybih. Pertama, berapakah lafadz tasybih dalam Kitab Mukhtar al-Ahadits an-Nabawiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah? kedua, bagaimanakah bentuk-bentuk tasybih dalam Kitab Mukhtar al-Ahadits an-Nabawiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah? adapun tujuannya adalah untuk mengetahui jumlah uslub at-Tasybih dan macam-macamnya dalam Kitab Mukhtar al-Ahadits an-Nabawiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah. Teori yang peneliti gunakan adalah teori balaghoh yang lebih memfokuskan kajiannya pada bidang ilmu bayan dengan teori Uslub at-Tasybih. penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library raserch) dengan bahan-bahan atau sumber-sumber refrensi yang didapati dari perpustakaan. Adapun analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu sebuah metode yang digunakan dengan cara menyusun data yang dikumpulkan, kemudian dijelaskan dan dianalisa secara terarah. Dalam hal ini akan ditelaah berbagai buku dan kitab-kitab yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Hasil dari penelusuran peneliti terhadap data primer, peneliti menemukan seratus dua puluh lima hadits yang menggunakan uslub tasybih dalam Kitab Mukhtar al-Hadits an-Nabiwiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah, dan peneliti mampu mengidentifikasi hadits-hadits tersebut sesuai dengan karakter tasybihnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Habib, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kitab Hadits
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Aug 2015 08:06
Last Modified: 11 Aug 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum