PENDIDIKAN KEIMANAN KEPADA ALLAH DALAM AL-QUR'AN

BURHANUDDIN ABDULLAH, NIM. 963059 (2008) PENDIDIKAN KEIMANAN KEPADA ALLAH DALAM AL-QUR'AN. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KEIMANAN KEPADA ALLAH DALAM AL-QUR'AN)
BURHANUDDIN ABDULLAH – NIM. 963059 PENDIDIKAN KEIMANAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Disertasi ini berjudul "Pendidikan Keimanan Kepada Allah dalam al-Qur'an". Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap realitas pencapaian tujuan pendidikan nasional di Indonesia terutama sekali berkenaan dengan usaha menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pada kenyataannya dirasakan adanya ketimpangan; unsur keimanan tampaknya kurang mendapat perhatian, sehingga pendidikan nasional banyak terfokus pada pendidikan iptek saja, padahal iptek sendiri punya watak yang kadang-kadang kontradiksi dengan pendidikan keimanan. Permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: bagaimana konsep al-Qur'an tentang manusia sebagai dasar pcndidikan Islam? bagaimana gambaran citra seorang mukmin sejati sebagai tujuan pendidikan keimanan kepada Allah? bagaimana materi pendidikan keimanan kepada Allah? dan bagaimana pola operasional pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan keimanan? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan konsep pendidikan keimanan kepada Allah dan aspek-aspek pendukungnya; diharapkan temuan tnl berman faat dalam pengayaan teori dan praktik pendidikan Islam. Prosedur penelitian yang ditempuh adalah dengan mengumpulkan data dari ayat-ayat Al-Qur'an dengan mcnggunakan metode tafsir tematik serta menggunakan berbagai teknik analisis antara lain tekstual, linguistik, dan kultural. Adapun temuan hasil penelitian adalah: I) Sistem pendidikan keimanan kepada Allah dalarn al-Qur'an yang merupakan bagian terpenting dalam pendidikan Islam terdiri dari: manusia sebagai subyek dan obyek pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan, dan pola operasional pendidikan keimanan; 2) Citra mukmin sejati sebagai tujuan pendidikan keimanan kepada Allah adalah bagian fundamental tujuan pendidikan Islam. Ada tiga dimensi keimanan yaitu: mengetahui dan mempercayai Allah (kognisi), menyenangi atau mencintai Allah (afeksi), dan melakukan atau mempraktikkan apa yang diperintahkan dan meninggalkan yang dilarang Allah sebagai unsur pengabdian kepada-Nya; 3) Materi pendidikan keimanan diungkapkar tentang Allah sebagai Khalik, Pencipta alam semesta; Allah sebagai Rabb, Pemelihara dan Pendidik, serta memberikan pembalasan di akhirat; Allah sebagai flah, Zat Yang Esa, punya sifat-sifat ketuhanan dan al-Asma' al-Husna, dan satu-satunya Zat Yang disembah; dan 4) Pola operasional pendidikan keimanan mencakup beberapa aspek: a) Pendekatan yaitu humanistik relegius, rasional kritis,dan fungsional; b) Metode yang dikemukakan al-Qur' an dalam pendidikan keimanan yaitu membaca ayat-ayat qauliayah dan kauniyah, kisah-kisah, janji dan ancaman, ibadah dan zikir, pembiasaan dan disiplin dalam beramal, dan indoktrinasi; c) Proses pendidikan keimanan kepada Allah, dimulai dengan memperkenalkan Tuhan sebagai Rabb, kemudian Allah, dan I/ah pada tahap yang terakhir; dan d) Evaluasi yang merupakan kegiatan penilaian terhadap tercapai tidaknya tujuan pendidikan keimanan; dalam al-Qur'an dinyatakan bahwa Allah selalu memberikan cobaan kepada hambanya, untuk menilai sejauhmana keimanan yang dimilikinya

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Ringkasan Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User / Editor: Users 3198 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2015 08:30
Last Modified: 11 Aug 2015 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16764

Actions (login required)

View Item View Item