BOBOT PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PROSTITUSI (STUDI TENTANG PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI KOTA GORONTALO : SUATU PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAM)

ABO. WAHAB TALIB, NIM : 04.3.458 (2007) BOBOT PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PROSTITUSI (STUDI TENTANG PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI KOTA GORONTALO : SUATU PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAM). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BOBOT PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PROSTITUSI (STUDI TENTANG PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI KOTA GORONTALO : SUATU PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAM))
ABO. WAHAB TALIB - NIM 04.3.458 BOBOT PENGARUH.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Telah terlewatinya masa pembangunan nasional yang lebih dari 3 dasawarsa dan teraihnya kemerdekaan di bangsa ini memang membawa dampak positif dan negative dalam berbagai segi kehidupan. Seperti era modernisasai saat ini pada Negara Indonesia yang mayoritasnya bergama Islam sayangnya masih banyak sekali ditemui perilaku dan nilai-nilai luhur kehidupan yang masih cukup jauh dari ajaran Rasulullah SAW dan pedoman hidup semua umat yaitu Al Quran. Hal ini semakin terlihat dengan banyaknya kesenjangan social antara si miskin dan si kaya yang apabila dikaitkan dengan hakikat manusia sebagai khalifah sesuai dengan Al Quran maka hal ini amat bertentangan. Kemiskinan yang merupakan pintu terdekat dalam menuju kekafiran maka Hal ini yang kemudian menimbulkan fenomena social berupa perilaku prostitusi yang ada di lingkungan sekitar masyarakat. Perilaku prostitusi yang dilakukan oleh para pelaku pekerja seks komersial memicu penyakit yang actual dan sangat rumit jika dikaji dalam berbagai aspek. Namun dari segi agama, social, norma, ekonomi, politik semua golongan maka hal ini memang sejak awal di larang karena merugikan. Selain itu telah dikeluarkannya UU KUHP pasal 296 cukup membuktikan bahwa Negara Indonesia juga melarang keras tindakan asusila tersebut. Secara berkelanjutan masalah social ini dapat ditinjau dari 2 aspek yaitu pengaruh faktor kepribadian dan lingkungan social yang merupakan 2 komponen penting pembentuk perilaku prostitusi. Masalah social ini juga muncul di Gorontalo yang menjadikan landasan pengkajian studi analisis terhadap pekerja seks komersial melalui pendekatan psikologi Islam. Agar kedepannya diharapkan dapat terminimalisisr secara maksimal dan tidak terus-terusan meresahkan masyarakat kedepannya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Ringkasan Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Aug 2015 09:35
Last Modified: 11 Aug 2015 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum