ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) BERDASARKAN ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) (STUDI KASUS DI BURSA EFEK INDONESIA)

Naifi Naufa, 08610007 (2015) ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) BERDASARKAN ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) (STUDI KASUS DI BURSA EFEK INDONESIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) BERDASARKAN ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) (STUDI KASUS DI BURSA EFEK INDONESIA))
08610007_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) BERDASARKAN ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) (STUDI KASUS DI BURSA EFEK INDONESIA))
08610007_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Model APT merupakan sebuah model keseimbangan alternatif yang lebih kompleks dibanding Capital Asset Pricing Model (CAPM), karena menggunakan sekian banyak variabel pengukuran risiko untuk melihat hubungan risiko dan return. Kinerja portofolio perlu dihitung dan diukur setiap saat dan dibandingkan dengan benchmark sasaran investor. Pengukuran yang melibatkan faktor return dan risiko disebut dengan return sesuaian risiko (risk-adjusted return). Penelitian ini membahas tentang analisis portofolio optimal dengan model APT dan pengukuran kinerjanya dengan menggunakan Risk-adjusted return dengan populasi saham syariah Jakarta Islamic Index (JII) yang tergabung dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang mendasarkan pada kriteria-kriteria tertentu, kriteria-kriteria tersebut adalah yang pertama sampel diambil berdasarkan saham-saham yang selalu masuk dalam JII dan diperoleh 9 saham, kedua berdasarkan kriteria pertama dipilih saham-saham yang memiliki nilai mean return positif. Saham-saham yang terpilih adalah saham KLBF, UNVR, INTP, SMGR dan TLKM pada periode Januari 2008-Desember 2013. Data lain yang digunakan adalah BI Rate, inflasi dan kurs USD jual maupun beli pada periode Januari 2008-Desember 2013 sebagai variabel pengukur risiko. Analisis portofolio optimal dengan APT dilakukan terhadap empat kelompok portofolio. Portofolio kedua merupakan portofolio optimal dan masuk dalam kategori high return and high risk dengan proporsi terbesar terdapat pada saham UNVR, yaitu 70,57%, proporsi saham INTP sebesar 17,74% dan proporsi terendah terdapat pada saham KLBF sebesar 11,69%, dengan mean return portofolio sebesar 13,4856% dan risiko portofolio sebesar 0,3324%. Hasil pengukuran kinerja portofolio dengan risk-adjusted return yaitu portofolio kedua memiliki nilai indeks Sharpe sebesar 0,8704. Portofolio kedua memiliki nilai indeks Treynor paling besar diantara portofolio yang lainnya dengan besarnya, yaitu 0,2534. Sedangkan nilai indeks Jensen untuk portofolio kedua sebesar 0,1305, ini menunjukkan bahwa portofolio mempunyai return yang lebih besar dari harapannya sebesar 13,05%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MOH. FARHAN QODRATULLAH, M.Si
Uncontrolled Keywords: Saham Syariah, Portofolio Optimal, APT, Expected Return dan Risk, Risk-adjusted return
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Ida Nor'aini Hadna , M.Pd.
Date Deposited: 11 Aug 2015 17:24
Last Modified: 11 Aug 2015 17:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum