MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRAT DALAM PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA MAGELANG

DYAH AYU SHOLEHA, NIM : 11370026 (2015) MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRAT DALAM PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRAT DALAM PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA MAGELANG)
11370026_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRAT DALAM PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA MAGELANG)
11370026_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Partai Politik adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus, untuk mencapai tujuan itu diperlukan strategi atau cara yang dalam hal ini disebut marketing politik. Marketing Politik adalah seperangkat metode yang dapat memfasilitasi kontestan (individu atau partai politik) dalam memasarkan inisiatif politik, gagasan politik, ideologi politik, isu politik, karakteristik pemimpin partai dan program kerja partai. Pada intinya marketing politik merupakan cara yang di pakai dalam kampanye politik untuk mempengaruhi pilihan para pemilih. Dalam Pemilu Legislatif 2014 khususnya Kota Magelang, masing-masing partai politik (parpol) bersaing agar bisa menembus kursi parlemen terbanyak. Tidak lain, fungsi atau peran pemasaran sangat dibutuhkan, Partai Demokrat salah satunya yang pernah memenangkan suara dan kursi terbanyak di Kota Magelang pada periode sebelumnya Tahun 2009. Itu artinya bahwa masyarakat Kota Magelang menyambut baik pesta demokrasi yang di selenggarakan di kota tersebut. Keterkaitan masyarakat dalam Pemilu Legislatif itu sudah pasti memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Magelang. Bukan suatu hal yang tidak partai-partai besar dan partai pendatang baru memperoleh posisi strategis yang menguntungkan, dan mereka juga menghadapi tantangan besar lainnya untuk meraih kekuasaan. Dengan latar belakang di atas, penulis tertarik untuk meneliti MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRAT DALAM PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA MAGELANG dengan melihat Bagaimana marketing politik yang dilakukan Partai Demokrat di Kota Magelang pada Pemilu Legislatif 2014 dan juga bagaimana Islam menanggapi hal itu dalam konteks marketing politik. Penelitian ini menggunakan teori marketing politik dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang membantu penulis menganilis data lapangan yang dapat disimpulkan terhadap analisis kesimpulan. Dari data tersebut penulis menyimpulkan bahwa strategi politik Partai Demokrat dalam Pemilu Legislatif 2014 dilaksanakan dengan memakai pendekatan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dalam berbagai acara kampanye seperti sosial keagamaan, menggunakan power Susilo Bambang Yudhoyono sebagai strategi pencintraan caleg dan musikalisasi daerah. Namun, hal ini tidak sesuai dengan suara yang diperoleh dalam Pemilu Legislatif 2014. Penulis menilai hal ini terjadi karena adanya kasus korupsi yang menjerat beberapa tokoh dalam Partai Demokrat. Kajian di atas jika dianalisis dengan memakai pendekatan Islam, maka hal ini sesuai dengan surat Al-Ahzab ayat 21 yang menjelaskan bahwa setiap perilaku seharusnya sesuai dengan surutauladan Rasulullah SAW, sehingga ketika strategi marketing politik ini jika dilakukan untuk kampanye di Kota Magelang akan mendapatkan nilai yang lebih maksimal karena kulkur masyarakat Kota Magelang yang agamis dan religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subaidi, S.Ag., M, Si
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Aug 2015 17:43
Last Modified: 11 Aug 2015 17:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16802

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum