ANALISIS MATERI BUKU TEKS BAHASA ARAB “MANHAJI 5 HARI MAHIR BAHASA AL-QUR’AN TINGKAT PEMULA” KARYA JOKO NURSIYO

SULANDARI, NIM. 11420099 (2015) ANALISIS MATERI BUKU TEKS BAHASA ARAB “MANHAJI 5 HARI MAHIR BAHASA AL-QUR’AN TINGKAT PEMULA” KARYA JOKO NURSIYO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MATERI BUKU TEKS BAHASA ARAB “MANHAJI 5 HARI MAHIR BAHASA AL-QUR’AN TINGKAT PEMULA” KARYA JOKO NURSIYO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MATERI BUKU TEKS BAHASA ARAB “MANHAJI 5 HARI MAHIR BAHASA AL-QUR’AN TINGKAT PEMULA” KARYA JOKO NURSIYO)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan buku yang berjudul “Manhaji 5 Hari Mahir Bahasa Al-Qur’an Tingkat Pemula” untuk membantu para pelajar untuk mempelajari bahasa Arab. Berbeda dengan buku-buku yang dijadikan media pembelajaran bahasa Arab lain yang menggunakan bahasa Arab, buku tersebut menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku tersebut sebagai bahan ajar pelajaran bahasa Arab untuk tingkat pemula. Ditinjau dari beberapa teori penyusunan buku ajar serta dari sisi seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku Manhaji 5 Hari Mahir Bahasa Al-Qur’an Tingkat Pemula. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap buku yang diamati baik primer maupun sekunder. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis isi atau content analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks tersebut belum memenuhi kriteria buku teks yang baik dari segi materi, yaitu belum sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi: keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi sedangkan dalam teori Ali Al-Qasimiy, buku ini hanya memenuhi kriteria materi dasar dan materi tertentu, adapun untuk materi pendukungnya tidak sesuai. Berdasarkan dari segi seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi, buku tersebut belum memenuhi kriteria buku yang baik. Kata Kunci: Analisis, buku, bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Analisis, buku, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:09
Last Modified: 12 Aug 2015 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum